JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ketika Duterte Tertangkap Tidur Beberapa Kali di KTT ASEAN

15 November 2018, 15:50:27 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Rodrigo Duterte, Presiden Duterte Tidur, Rodrigo Duterte KTT ASEAN
Presiden Filipina Rodrigo Duterte beberapa kali tertangkap sedang tidur saat KTT ASEAN di Singapura. (BBC)
Share this

JawaPos.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte melewatkan beberapa pertemuan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Di tampaknya lebih memilih untuk tidur dan beristirahat. Beberapa kali bahkan tertangkap sedang tidur di pertemuan.

Seorang juru bicara kepresidenan mengatakan, Duterte melewatkan empat pertemuan yang dijadwalkan pada Rabu (14/11). Dia lebih memilih tidur. Namun, ketika ditanya mengenai tidurnya, Duterte langsung membela diri. "Ada apa dengan tidurku?" katanya dilansir dari BBC, Kamis (15/11).

Duterte dan para pemimpin dunia lainnya berada di Singapura menghadiri pertemuan KTT ASEAN. Duterte sebelumnya telah melewatkan acara di KTT internasional lainnya serta di Filipina. Kesehatannya telah menjadi sumber spekulasi selama bertahun-tahun. Dia bahkan mengungkapkan pada Oktober lalu bahwa ia memiliki ketakutan soal kanker.

Juru Bicara Presiden, Salvador Panelo menjelaskan bahwa ketidakhadiran Duterte tidak ada hubungannya dengan kesehatannya. "Jadwal kerja yang terus-menerus adalah bukti bahwa ia dalam kondisi fisik prima," katanya dalam sebuah pernyataan.

Duterte sebelumnya mengakui bahwa dia lelah dan siap untuk berhenti, tetapi dia belum menemukan pengganti yang cocok. Meski demikian, Duterte bukan satu-satunya pejabat yang tertangkap tidur di pertemuan ASEAN tahun ini.

Seorang kolumnis Washington Post Josh Rogin menangkap gambar presiden Korea Selatan, Moon Jae-in yang tampak tertidur. Rogin kemudian melaporkan bahwa Moon bangun dari tidurnya setelah Wakil Presiden AS Mike Pence tiba.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up