alexametrics

Tiga Warga AS Raih Nobel Ekonomi, Salah Satunya Ukir Sejarah

15 Oktober 2019, 17:02:03 WIB

JawaPos.com – Esther Duflo mencetak sejarah. Di usianya yang baru 46 tahun, dia menjadi peraih Nobel Ekonomi termuda. Profesor di Massachusetts Institute of Technology (MIT) itu juga merupakan perempuan kedua yang meraih penghargaan tersebut sejak Nobel Ekonomi diberikan pada 1969.

“Ini menunjukkan bahwa mungkin bagi perempuan untuk sukses dan diakui karena kesuksesannya, maka saya harap bisa menginspirasi banyak perempuan untuk terus bekerja,” ujar Duflo seperti dikutip BBC. Dia juga berharap para pria bisa menghormati perempuan layaknya manusia seutuhnya.

Duflo tidak sendiri. Dia harus berbagi hadiah dengan dua orang lainnya. Yaitu, sang suami Abhijit Banerjee dan profesor di Harvard University Michael Kremer. Mereka bertiga berkewarganegaraan AS. Kremer dulu adalah penasihat mantan Presiden AS Barack Obama.

Mereka bertiga dianggap berjasa memerangi kemiskinan dengan penelitian-penelitian di India dan Afrika. Yaitu tentang kebijakan dan investasi yang layak dilakukan agar memiliki imbas yang lebih besar bagi warga miskin.

Contohnya di India. Mereka menemukan banyak guru yang bolos. Hasil penelitian Duflo dan Banerjee menunjukkan bahwa guru yang dikontrak untuk jangka pendek dan akan diperpanjang jika penilaian mereka bagus justru lebih baik. Itu dibanding mereka langsung dipekerjakan dalam jangka lama. Karena takut kontraknya tidak diperpanjang, para guru jadi lebih giat. Hasilnya, nilai-nilai ujian siswa juga naik.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c7/dos)



Close Ads