JawaPos Radar

36 Tahun Dipenjara Pakistan, Warga India Akhirnya Bebas

15/08/2018, 06:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
36 Tahun Dipenjara Pakistan, Warga India Akhirnya Bebas
Pihak berwenang India berhasil membebaskan seorang warga negara India yang selama 36 tahun ditawan penjara Pakistan (Coconut Media)
Share this image

JawaPos.com - Pihak berwenang India berhasil membebaskan seorang warga negara India yang selama 36 tahun ditawan penjara Pakistan. Dibebaskannya Gajanand Sharma adalah isyarat baik dari Pakistan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Pakistan yang jatuh pada 14 Agustus.

Seorang Pejabat senior India, Jenderal Dr Vijay Kumar Singh 1 yang merupakan Menteri Negara untuk Urusan Eksternal memuji pejabat New Delhi karena berhasil menegosiasikan pembebasan Sharma.

"Ini memang hari yang sangat penting bagi keluarga Sharma dan saya berbicara kepada istrinya hari ini. Kami berusaha keras untuk melacak Tuan Sharma yang keberadaannya tidak diketahui selama lebih dari tiga dekade. Sharma telah bersatu kembali dengan keluarganya," kata Dr Singh seperti dilansir Gulf News pada Senin, (13/8).

36 Tahun Dipenjara Pakistan, Warga India Akhirnya Bebas
Seorang Pejabat senior India, Jenderal Dr Vijay Kumar Singh 1 yang merupakan Menteri Negara untuk Urusan Eksternal memuji pejabat New Delhi karena berhasil menegosiasikan pembebasan Sharma (Reuters)

Sharma menghilang dari Jaipur 36 tahun lalu, keluarganya bahkan telah mengerahkan berbagai upaya untuk mencarinya namun hasilnya nihil. Mereka bahkan tidak tahu Sharma masih hidup atau tidak, namun awal tahun ini mereka mendapat sedikit harapan karena keberadaan Sahrma berhasil terlacak di Penjara Pusar Lahore di Pakistan.

Dia kemudian menyebrangi perbatasan India-Pakistan pada Senin, (14/8), dan kembali bersama keluarganya. Awalnya, media India melaporkan kalau keluarganya mengetahui soal dia ketika beberapa dokumen untuk memverifikasi kewarganegaraannya diterima oleh kantor Inspektur Polisi Jaipur dari Pakistan.

Proses pembebasan Sharma juga melibatkan putranya yang mengidentifikasi ayahnya melalui foto-foto yang diberikan. Selain terlibat dalam pembebasan tersebut, Singh memang terkenal dengan keberhasilannya membawa kembali orang-orang India yang terdampar di Yaman bahkan yang terbunuh di Irak.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up