JawaPos Radar

Politikus Jerman: Tidak Ada Orang Waras Ingin Konfrontasi dengan Rusia

15/05/2018, 05:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Politikus Jerman: Tidak Ada Orang Waras Ingin Konfrontasi dengan Rusia
Pemimpin Partai Free Democratic Party (FDP) Christian Lindner menyerukan kebijakan strategi ganda terhadap Rusia (Pfalz Express)
Share this image

JawaPos.com - Pemimpin Partai Free Democratic Party (FDP) Christian Lindner menyerukan kebijakan strategi ganda terhadap Rusia mencakup menjaga hubungan baik dan dialog dengan Rusia tetap terjaga. Ia menyatakan hal itu saat rapat umum federal di Berlin.

Lindner mengatakan, Rusia akan memiliki tempat di rumah Eropa jika mematuhi perintah yang ditetapkan. Ia juga menyarankan agar Rusia diundang kembali ke G8 atau masuk ke dalam asosiasi dengan membuat format G7 + 1 dan meminta pemulihan Kerjasama Tingkat Tinggi (KTT) Uni Eropa-Rusia.

"Tidak ada orang waras yang punya keinginan serius untuk terlibat dalam konfrontasi dengan Rusia," kata Lindner. Menurut sebuah laporan, Rusia telah menjadi topik hangat dalam politik internal Jerman baru-baru ini, seperti dilansir Sputnik, Senin (14/5).

Menurut ulasan Spiegel, Menteri Luar Negeri Jerman yang baru diangkat, Heiko Maas telah melakukan tindakan memalukan bagi Jerman dengan mengambil sikap anti-Rusia secara tiba-tiba. Banyak orang dalam pemerintahan yang menyimpulkan bahwa tindakan tiba-tiba Maas tersebut merupakan keinginan dari pihaknya untuk mencari dukungan sektor politik Jerman termasuk Kanselir Jerman, Angela Merkel dan Wakil Kanseir Jerman Olaf Scholz.

Menurut Spiegel, sektor politik Jerman menunjukkan sikap yang lebih keras terhadap Rusia, sering mengkritik Rusia, dan memberikan batasan yang jelas. Baik Lindner dan Maas keduanya berasal dari sektor politik yang dikenal berat tersebut.

Partai-partai oposisi kebanyakan ingin melakukan dialog dengan Rusia. Mereka juga meminta agar sanksi terhadap Rusia dihapuskan.

(ina/ce1/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up