alexametrics

Media Asing Ungkap Rahasia Kekuatan di Balik Kemeja Kotak-kotak Ahok

15 Februari 2017, 18:17:03 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berupaya mengulang kesuksesan diringa dengan Joko Widodo saat berhasil melenggang menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan menggunakan pakaian khas kotak-kotak. Pakaian dan politik telah melekat sebagai simbol bagi masyarakat untuk memberikan ciri setiap pasangan. Hal ini menjadi perhatian media asing karena pakaian favorit telah menjadi simbol politik di Pilkada ibukota Indonesia.

Laporan wartawan BBC Simeon Paterson, Rabu (15/2) menjelaskan pakaian telah lama dikomunikasikan bukan soal kenyamanan atau kelas di Indonesia, tetapi juga sebagai identitas politik untuk membedakan diri. Pakaian kotak-kotak di panggung politik dimulai pada 2012 di Jakarta saat Joko Widodo berhasil mencalonkan diri sebagai gubernur dengan menjalankan pasangannya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Kemeja kotak-kotak memberi tampilan pasangan tersebut lebih informal daripada kemeja batik yang sering dipakai oleh politisi tradisional. Hal ini juga diklaim lebih trendi bagi pemilih pemula yang menjadi kekuatan elektoral terbesar di Indonesia.

Ketika Jokowi menjadi presiden pada tahun 2014,  Ahok mengambil alih gubernur dengan gerbong politik yang sama. Kemeja kotak-kotak dengan corak yang agak berbeda tetap menonjol dalam kampanye. Penampilan tersebut telah diadopsi oleh para pendukungnya.

Pesaing Ahok, Agus Harimurti Yudhoyono dan wakilnya Sylviana Murni rutin memakai pakaian hitam. Calon Anies Baswedan (kanan) dan pasangannya Sandiaga Uno lebih suka memakai kemeja putih.

Pilkada DKI Jakarta telah dibayangi oleh ketegangan sosial keagamaan. Ahok saat ini sedang diadili atas kasus penistaan agama. Peran Gubernur DKI Jakarta sering terlihat batu loncatan untuk kursi presiden, sehingga selalu menjadi sorotan. Pemilih akan mengetahui siapa pemenangnya, kotak-kotak, putih, atau hitam. (BBC/cr1/JPG)

Editor : Thomas Kukuh


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Media Asing Ungkap Rahasia Kekuatan di Balik Kemeja Kotak-kotak Ahok