alexametrics

Ketika Pilkada Jakarta Jadi Perhatian Media Internasional

15 Februari 2017, 17:14:16 WIB

JawaPos.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017 berlangsung di 101 daerah, namun hanya DKI Jakarta yang menjadi sorotan media asing. The Guardian mengupas tuntas seluruh pelaksanaan Pilkada dari mulai alur cerita, kapan pelaksanaannya, hingga berbagai polemik yang terjadi, Rabu (15/2).

Bagaimana Pilkada Jakarta?

The Guardian melansir Jakarta menggelar pemilu untuk memutuskan siapa yang akan menjadi gubernur berikutnya. Jutaan suara memilih pemimpin kota ini yang menjadi pusat kekuatan bangsa dengan mayoritas muslim terbesar di dunia.

Mengapa Penting?

The Guardian juga menyebut Pilkada DKI Jakarta penting karena pemilihan gubernur DKI Jakarta dipandang sebagai batu loncatan menuju kursi presiden. Hal itu terjadi pada Presiden Joko Widodo yang berjalan dari Gubernur DKI Jakarta menjadi presiden.

Selain itu, jajak pendapat di Jakarta adalah pemilu paling sengit dari pemilihan di tingkat provinsi yang pernah ada. Hal ini telah menjadi ajang pengujian untuk nilai-nilai Indonesia Islam moderat dan pluralisme. Di tengah-tengah pertarungan tersebut ada sosok Basuki Tjahaja Purnama atau ‘Ahok’, yang sebelumnya adalah wakil Joko Widodo dan telah memimpin ejak 2014. Ahok dianggap sebagai kelompok minoritas ganda. Selama beberapa bulan terakhir, kelompok muslim terus menggulirkan gelombang protes pada Ahok atas kasus penistaan agama.

Apa Taruhannya?

The Guardian menyebutkan negara Asia Tenggara memiliki sejarah kekerasan sporadis dan terisolasi terhadap minoritas Tionghoa. Sejumlah kelompok memanfaatkan sentimen anti-Ahok.

Front Pembela Islam (FPI), yang dibentuk pada tahun 1999 dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sepakat bahwa Ahok harus dituntut. Berbagai gelombang unjuk rasa terus terjadi.

Hasilnya?

Salah satu dari tiga kandidat perlu menerima 50 persen suara untuk menang. Jika tidak, maka pemilihan akan berlangsung dua putaran. (The Guardian/cr1/JPG)

Editor : Thomas Kukuh


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Ketika Pilkada Jakarta Jadi Perhatian Media Internasional