alexametrics

Pejabat Kesehatan Inggris: Inkubasi Omicron Lebih Cepat dari Delta

15 Januari 2022, 09:01:43 WIB

JawaPos.com – Sejumlah ahli di dunia termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut gejala varian Omicron lebih ringan daripada Delta. Selain itu, saat seseorang terinfeksi, masa inkubasi hingga akhirnya timbul gejala juga lebih cepat daripada Delta.

Sekretaris Kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan ada beberapa perbedaan utama antara infeksi Omicron dan jenis virus sebelumnya. Perbedaan tersebut termasuk gejala serta masa inkubasi yang lebih pendek.

Varian Omicron diperkirakan lebih cepat mendekati 3 hingga 5 hari. Angka itu lebih cepat dibanding Delta.

“Analisis terbaru dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris menunjukkan bahwa jendela antara infeksi dan penularan mungkin lebih pendek untuk varian Omicron daripada varian Delta,” kata Sajid Javid baru-baru ini.

Berarti ada lebih sedikit waktu penularan. Oleh karena itu, lebih sulit untuk mengontrol penularan. Penderita Covid-19, biasanya dianggap menular ke orang lain sekitar 2 hari sebelum gejala pertama mereka mulai muncul dan sekitar 10 hari setelahnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan Angelique Coetzee yang pertama kali mengidentifikasi Omicron menyatakan varian yang melewati tubuh harus lebih cepat daripada jenis virus Korona lainnya. Ia mengatakan kepada Daily Mail, gejala yang muncul pada mereka yang menderita Omicron sangat ringan dibandingkan dengan varian Delta yang jauh lebih berbahaya.

“Setelah sekitar lima hari gejalanya hilang, dan hanya itu,” jelasnya.

Namun, perlu dicatat bahwa meski Anda tidak menunjukkan gejala, Anda dapat menularkan Omicron kepada orang lain. Ini berarti pasien harus terus mematuhi aturan isolasi, bahkan ketika Anda merasa lebih baik sebelum 7 atau 10 hari.

Kebanyakan orang yang terinfeksi Omicron mengalami gejala seperti flu biasa. Varian ini cenderung menyebabkan penyakit yang lebih ringan, tetapi lebih mudah menular daripada strain sebelumnya seperti Delta.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads