alexametrics

Pesta Natal saat Lockdown Terungkap, PM Boris Johnson Dapat Kecaman

14 Desember 2021, 23:03:44 WIB

JawaPos.com – Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mendapatkan kecaman dari warga. Itu akibat terungkapnya skandal pesta Natal yang digelar para staf di kantornya, 10 Downing Street. Acara tersebut digelar tahun lalu. Saat itu Inggris tengah lockdown. Pemerintah melarang acara berkumpul di dalam ruangan.

The Mirror pada Minggu (12/12) merilis foto Johnson tengah ikut pesta secara virtual. Dia membacakan kuis untuk para stafnya. Imbas skandal tersebut, kepercayaan untuk Johnson dan Partai Konservatif yang digawanginya turun drastis.

Kasus yang tengah viral itu terungkap saat pemerintahan Johnson menerapkan rencana B guna mencegah penularan varian Omicron. Kemarin Inggris memastikan menjadi negara pertama yang mencatat kematian akibat varian Omicron. Beberapa pihak melabelinya sebagai partygate scandal. Terlebih, saat kasus terungkap, Johnson terkesan enggan mengakui bahwa pesta itu ada. Banyak pihak menuntut dia memberikan klarifikasi ke House of Commons atau Majelis Rendah.

”Tampaknya Boris Johnson telah berbohong kepada negara ini dan melanggar hukum,” cetus Wakil Ketua Partai Buruh Angela Rayner seperti dikutip Daily Mail. Menurut dia, Johnson dan Partai Konservatif menerapkan standar ganda. Ada aturan untuk mereka dan aturan lain (yang lebih ketat) yang diterapkan ke selain mereka.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c9/bay)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads