alexametrics

Singapura Darurat, Pasien Covid-19 Kondisi Berat Naik 2 Kali Lipat

14 September 2021, 09:27:26 WIB

JawaPos.com – Pasien Covid-19 dalam kondisi berat atau sakit parah di Singapura naik dua kali lipat. Laju cepat infeksi kasus baru Covid-19 juga naik. Kondisi ini menjadikan halangan tak terduga untuk membuka kembali rencana perekenomian dan menjadikan Covid-19 sebagai endemi. Sebanyak 81 persen populasi di Singapura sudah divaksinasi sepenuhnya.

Singapura salah satu yang tercepat di dunia dalam hal vaksinasi.Dan, bulan ini Singapura menghentikan rencana pembukaan kembali secara bertahap, sebab dipicu oleh ketakutan infeksi harian yang kembali mencapai rekor.

Infeksi selama akhir pekan lebih dari 1.000 kasus, meningkat 10 kali lipat dari sebulan lalu. Namun, banyak ahli tidak terlalu khawatir tentang peningkatan infeksi karena rendahnya jumlah kasus serius dan persentase vaksinasi yang tinggi di Singapura.

Jumlah pasien yang membutuhkan oksigen, naik dua kali lipat menjadi 54 kasus pada hari Minggu dari dua hari sebelumnya. Kondisi ini menjadi ukuran penting untuk menilai apakah sistem medis bisa kewalahan.

Jumlah pasien di unit perawatan intensif (ICU) makin banyak. Sekitar 300 tempat tidur ICU masih tersedia dan itu bisa ditingkatkan menjadi 1.000.

Dengan sebagian besar dari mereka yang berusia 12 tahun dan lebih tua sudah divaksinasi, Singapura sekarang mempertimbangkan suntikan ketiga atau booster untuk orang dewasa yang lebih muda. Dan, mungkin mulai menginokulasi anak-anak awal tahun depan. Minggu ini akan dimulai booster untuk kelompok lanjut usia dan immunocompromised.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads