alexametrics

Sejumlah Kru Gabung Demonstran Hongkong, Saham Cathay Pacific Anjlok

14 Agustus 2019, 20:02:32 WIB

JawaPos.com – Saham maskapai penerbangan yang berpusat di Hongkong, Cathay Pacific, anjlok. Salah satunya karena maskapai tersebut mendapat peringatan keras dari Tiongkok. Cathay Pacific menjadi sasaran kemarahan Beijing setelah beberapa krunya bergabung dengan demonstran Hongkong pro demokrasi.

Saham Cathay Pacific anjlok lebih dari empat persen pada Senin (12/8) lalu. Mereka kehilangan 4,37 persen menjadi HK $ 9,85 (USD 1,26) pada penutupan saham di Hongkong. Sedangkan saham perusahaan induk perusahaan tersebut yakni Swire Pacific Ltd jatuh 5,26 persen menjadi HK $ 77,50 (USD 9,88).

Regulator penerbangan Beijing telah memerintahkan pihak Cathay Pacific menyerahkan daftar staf yang terbang melewati wilayah daratan Tiongkok. Andai terbukti terlibat dalam aksi unjuk rasa dan mendukung pro demokrasi, mereka dilarang terbang melewati daratan Tiongkok.

Terkait hal itu, CEO Cathay Pacific, Rupert Hogg mendukung regulator penerbangan Beijing. Pihaknya akan melakukan penyelidikan secara mendalam terkait kru mereka yang bergabung dengan demonstran. Selain itu, pihaknya bakal melakukan pemecatan.

“Penerbangan Cathay Pacific di wilayah udara Tiongkok adalah kunci bisnis kami. Kami diwajibkan secara hukum untuk mengikuti peraturan CAAC (Asosiasi Penerbangan Sipil) dan kami harus serta akan mematuhi,” sebut Hogg.

Sementara itu, pandangan berbeda diungkapkan Chairman John Slosar. Dia membela hak krunya dalam kebebasan berpikir. Hanya saja, di pihak lain Hogg memperingatkan perilaku mereka. “Meskipun orang mungkin memiliki pandangan yang berbeda, semua saling menghormati, pelanggan dan anggota masyarakat,” ucapnya.

Pihak Cathay Pacific telah menonaktifkan seorang pilot yang dituduh terlibat kerusuhan dan ikut aksi demonstrasi menentang RUU Ekstradisi. Bahkan, seperti dilansir Al Jazeera, pihaknya telah memecat dua staf bandara, tanpa menyebutkan alasannya. Namun, mereka diduga membocorkan rencana perjalanan tim sepak bola kepolisian Hongkong ke pihak Tiongkok.

Sementara itu, Cathay Pacific membatalkan ratusan jadwal penerbangan pada Senin dan Selasa (12-13 Agustus) kemarin. Seperti diketahui, otoritas Bandara Internasional Hongkong memutuskan membatalkan jadwal penerbangan dari Hongkong setelah terminal pemberangkatan diduduki massa demonstran.

Editor : Edy Pramana

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads