JawaPos Radar

Jerman Cari Raja dan Ratu Festival Acar

14/08/2018, 18:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Jerman Cari Raja dan Ratu Festival Acar
Daerah Spreewald di Jerman kekurangan orang yang mau menjadi raja dan ratu dalam festival acar tahunan yang menjadi andalan wilayah itu (Picture-Alliance, DPA/P.Pleul)
Share this image

JawaPos.com - Daerah Spreewald di Jerman kekurangan orang yang mau menjadi raja dan ratu dalam festival acar tahunan yang menjadi andalan wilayah itu.  Spreewald adalah kawasan biosfer yang subur di sebelah selatan Berlin dan dikenal sebagai daerah penghasil acar mentimun renyah dalam botol.

Untuk merayakan produk lokal tersebut, daerah ini pun rutin menggelar festival acar setiap tahunnya selama 20 tahun terakhir. Namun hingga tulisan ini diturunkan, belum ada seorang pun yang mendaftar menjadi kandidat raja dan ratu acar tahun ini, demikian keluh penyelenggara festival acar tahunan pada Minggu (12/8).

Meski ada lebih dari 150 perusahaan yang berpartisipasi dalam festival tersebut, tidak ada satu orang yang mendaftar untuk peran ratu atau raja, tambah pihak penyelenggara. Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengapa ini terjadi.

Tapi ternyata tidak adanya ratu atau raja acar tahun ini bukan satu-satunya masalah yang dihadapi Spreewald. Suhu yang kelewat hangat membuat panen metimun juga harus dipercepat sehingga para petani kekurangan tenaga bantuan untuk memanen.

Dengan jaringan danau, kanal, dan daerah pertanian yang kompleks, wilayah Spreewald menarik ribuan wisatawan lokal dan asing setiap tahunnya. Bagi orang-orang dengan selera bertualang, Spreewald juga menawarkan jalur bersepeda sepanjang 260 kilometer dikenal dengan nama Gurkenradweg, yang bila diterjemahkan secara harafiah berarti: jalur sepeda mentimun.

Jalur ini dilindungi oleh UNESCO dan para pesepeda bisa menjumpai mentimun dan tanaman acar lain di sepanjang jalan.

ae, dpa, EPD

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up