JawaPos Radar

Indonesia-Inggris Kerja Sama Keamanan Siber

14/08/2018, 16:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Indonesia-Inggris Kerja Sama Keamanan Siber
Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir. Menurut Fachir, ke depan akan ada dialog antar kedua negara mengenai keamanan siber (Imel/Jawapos)
Share this image

JawaPos.com - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi dan Menteri Muda Urusan Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Inggris, Mark Field melakukan penandatanganan Kerja Sama Keamanan Siber pada Selasa (14/8), di Kementerian Luar Negeri RI. Penandatanganan ini mencakup manajemen, promosi, dan juga pengembangan keamanan siber.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir. Menurut Fachir, ke depan akan ada dialog antarnegara mengenai keamanan siber.

"Kita tadi menyaksikan penandatanganan kerja sama di bidang cybersecurity antara Indonesia dan Inggris. Kerja sama ini cukup progresif dibandingkan kerja sama dengan negara lain karena sudah mengarah pada upaya kerja sama secara konkret," ujar Fachir.

Indonesia-Inggris Kerja Sama Keamanan Siber
Inggris salah satu negara yang sering melakukan kerja sama dengan Indonesia (ABC News)

Kepala BSSN RI Djoko Setiadi mengatakan, penandatanganan Kerja Sama Keamanan Siber merupakan langkah awal dari kerja sama di bidang siber yang akan terjalin antara kedua negara.

"Inggris itu merupakan negara yang maju dan unggul dalam hal teknologi siber. Mark Field mengatakan bahwa MoU pada hari ini hanya langkah awal saja," ujar Djoko.

Menurut Djoko, tujuan dari keamanan siber supaya Indonesia aman dari serangan pihak luar. Pertahanan bukan hanya Indonesia tapi seluruh bangsa dunia punya kepentingan yang sama.

"Kerja sama bukan hanya dengan Inggris saja namun dengan Belanda dan Australia kita berusaha menghadapi bahaya ancaman siber bersama," kata Djoko.

(ce1/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up