JawaPos Radar

Miris, 800.000 Orang Bunuh Diri Tiap Tahun

14/06/2018, 16:30 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Miris, 800.000 Orang Bunuh Diri Tiap Tahun
Orang-orang bunuh diri karena merasa tak punya harapan (Southern Minnesota News)
Share this

JawaPos.com - Fakta melonjaknya angka bunuh diri membuat dunia prihatin. Contohnya saja orang-orang besar seperti perancang busana Kate Spade dan koki selebriti Anthony Bourdain yang baru saja meninggal akibat bunuh diri sungguh mengejutkan dunia.

Lebih dari 800.000 orang melakukan bunuh diri setiap tahun di seluruh dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, bunuh diri tercatat sebagai penyebab kematian tertinggi kedua bagi orang-orang yang berusia antara 15 dan 29 tahun.

Di Amerika Serikat (AS), 45.000 orang bunuh diri pada 2016. Total peningkatan ini mengkhawatirkan, karena naik hampir 30 persen sejak tahun 1999.

"Sulit untuk dijelaskan, tetapi ini mungkin sebagian karena faktor epidemi dan ekonomi yang mungkin memiliki dampak yang lebih kuat di AS daripada negara-negara maju lainnya karena kita tidak memiliki perlindungan kesehatan dan jaring pengaman sosial yang komprehensif seperti kebanyakan negara-negara Eropa, "kata Profesor Psikiatri of University of Pittsburgh, David Brent dilansir AFP, Kamis, (14/6).

Profesor Psikiatri Klinis Richard Friedman mengatakan dalam sebuah artikel opini di New York Times, prevalensi bunuh diri telah berfluktuasi seiring waktu, sering meningkat selama periode perselisihan sosial. Misalnya, seperti yang terjadi pada tahun 1932, selama masa Depresi.

"Pertanyaan sebenarnya adalah mengapa masyarakat kita telah membuat begitu sedikit kemajuan dalam menangani krisis kesehatan masyarakat dari bunuh diri," tulisnya.

"Bahkan, tingkat bunuh diri tahun lalu adalah hampir sama dengan tingkat satu abad sebelumnya," tambahnya.

Menurut Friedman, harus ada perang terhadap bunuh diri dan harus ada penelitian dan pendanaan klinis yang dibutuhkan untuk mengalahkannya. Memerangi bunuh diri seperti yang dunia lakukan terhadap HIV dan penyakit jantung dan lainnya.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up