JawaPos Radar

150.000 Muslim di Birmingham akan Salat Ied Bersama

14/06/2018, 15:24 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
150.000 Muslim di Birmingham akan Salat Ied Bersama
Umat Muslim siap Salat Ied di Birmingham (Birmingham Mail)
Share this

JawaPos.com - Sebentar lagi masyarakat Muslim dunia siap merayakan Idul Fitri 1439 H. Akan ada banyak persiapan di berbagai negara, termasuk di Birmingham yang sedang mempersiapkan perayaan Idul Fitri terbesar di Eropa dan berlangsung di Small Heath Park.

Sekitar 150.000 orang akan datang untuk Salat Ied di taman tersebut. Mereka datang tidak hanya dari Birmingham tetapi dari seluruh Inggris dan bahkan dari negara lain untuk menikmati perayaan besar tersebut.

Selain Salat Ied juga akan digelar pasar malam di sana. Ada dua area bermain dan ada zona khusus untuk makanan. Ada enam titik masuk atau keluar ke taman, tiga titik informasi dan lima titik toilet.

150.000 Muslim di Birmingham akan Salat Ied Bersama
Idul Fitri selalu dinantikan Muslim dunia (Odyssey)

Pada hari itu, Waverley Road dan Tennyson Road, jalan yang berada di sekitar taman, berubah menjadi satu arah. Sejak 2011, perayaan ini menjadi semakin banyak peminat, 2017 jumlah yang hadir di perayaan ini sekitar 106.000.

Festival sekaligus ibadah Solat Ied dilaksanakan oleh Green Lane Masjid & Community Center (GLMCC). GLMCC juga bekerja sama dengan beberapa masjid di Birmingham, Birmingham City Council, dan West Midlands Police untuk menyatukan komunitas dan umat Muslim.

"Kami senang dapat mempersembahkan perayaan Idul Fitri di Small Heath Park," kata salah satu penyelenggara dilansir dari Birmingham Mail Kamis, (14/6).

"Menyatukan hampir 150.000 orang untuk berdoa dan Salat Ied adalah pencapaian monumental bagi masjid dan komunitas Muslim kota," tambahnya.

Sama seperti di Indonesia, umat Muslim Salat Ied lalu hadir ke festival dan berfoto-foto. Seperti tahun-tahun sebelumnya, bukan hanya Muslim yang ikut merayakan dan sengaja datang, namun bagi mereka yang non-Muslim juga ikut melihat festival.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up