alexametrics

Profesor Jepang Duga Omicron jadi Penyebab Wabah Hepatitis Misterius

14 Mei 2022, 12:31:50 WIB

JawaPos.com – Para ahli masih meneliti penyebab wabah hepatitis misterius di berbagai negara yang menyerang anak-anak. Sejumlah ahli mengaitkan Covid-19 sebagai penyebabnya atau juga virus lain yakni adenovirus. Sementara, ahli Jepang dari Universitas Kyoto, Profesor Hiroshi Nishiura juga mengaitkan hepatitis misterius dengan Covid-19.

“Varian Omicron dari Coronavirus mungkin memiliki pengaruh pada wabah hepatitis akut saat ini pada anak-anak,” menurut Nishiura.

Nishiura mengatakan kepada komite penasihat virus Korona Kementerian Kesehatan bahwa negara-negara dengan jumlah infeksi Omicron yang tinggi, seperti Inggris dan AS melaporkan jumlah kasus hepatitis yang relatif tinggi. Menurut ahli, riwayat infeksi strain Omicron di masa lalu mungkin berdampak pada munculnya hepatitis akut.

Teori yang menghubungkan SARS-COV-2 dengan wabah hepatitis ini sedang diselidiki. Namun, hipotesis terkuat hingga saat ini adalah bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh adenovirus, seperti yang telah terdeteksi pada setidaknya 74 kasus.

Apa yang para ilmuwan coba pahami sekarang adalah apakah ada mutasi pada adenovirus 41. Namun, teori lain yang sedang dipertimbangkan adalah bahwa paparan beberapa obat, racun atau sesuatu di lingkungan mungkin telah mempengaruhi anak-anak.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads