alexametrics

Jepang Siapkan Kereta Peluru Alfa-X yang Diklaim Tercepat di Dunia

14 Mei 2019, 23:45:34 WIB

JawaPos.com – Perkembangan kereta cepat di Jepang begitu pesat. Bahkan kini Negeri Sakura itu dijadwalkan akan melakukan uji coba kereta cepat generasi penerus Shinkansen.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari TheVerge, Selasa (14/5), kereta peluru Jepang terbaru dikatakan bakal menjadi kereta tercepat di dunia. Betapa tidak, kecepatan kereta tersebut kabarnya sanggup menyentuh angka 248 mil per jam atau setara dengan 400 km per jam.

Kereta peluru cepat itu bernama Alfa-X dan dibangun oleh Kawasaki Heavy Industries dan Hitachi. Alfa-X dijadwalkan sudah bisa beroperasi pada 2030 mendatang. Sementara sebelum itu terjadi, laman DesignBoom mencatat bahwa kereta harus melalui pengujian selama bertahun-tahun. Pengujian perdana sendiri berlangsung pada Jumat pekan pekan lalu. Selanjutnya, kereta akan membuat perjalanan malam hari antara kota-kota Aomori dan Sendai dengan jarak sekitar 280 km selama tiga tahun ke depan.

Kabin masinis Kereta cepat Alfa-X. (Mainichi)

Untuk mengatasi kecepatan yang sangat tinggi, Alfa-X memiliki hidung aerodinamis yang mirip dengan hidung mamalia laut Lumba-lumba, hidung botol. Moncong dari kereta peluru cepat Alfa-X sendiri memiliki panjang sekitar 72 kaki atau setara dengan 22 meter. Bukan tanpa sebab kereta memiliki desain demikian. Secara teknis, moncong kereta Alfa-X dirancang untuk meminimalisir tekanan atau efek down force dan mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan kereta, terutama saat melewati terowongan dengan kecepatan tinggi.

Faktor lain untuk membuat kereta ini memiliki kapabilitas kecepatan tinggi namun tetap aman bagi penumpang yakni adanya sistem yang canggih. Kabarnya kereta sudah dilengkapi dengan sistem berbasis Internet of Things (IoT) dan big data. Termasuk rem udara yang dipasang di atap dan pelat magnetik di bagian bawah untuk fungsi pengereman lainnya.

Bersaing dengan Kereta Cepat Tiongkok

Alfa-X dinilai bakal menjadi kereta peluru tercepat di dunia ketika meluncur pada 2030 mendatang. Namun, hal itu tidak akan menjadi kereta tercepat secara keseluruhan. Pasalnya, prestasi tersebut saat ini dimiliki oleh kereta Maglev di Shanghai, Tiongkok, dengan perolehan kecepatan hingga 600 km per jam.

Kereta Maglev sendiri mengacu pada sistem yang menggunakan mekanis Magnetik Levitation (Maglev) atau magnet yang melayang. Ya, kereta Maglev menggunakan magnet untuk melayang di atas rel sekitar 10 cm. Bloomberg mencatat bahwa Jepang juga akan membuka rute kereta Maglev-nya sendiri antara Tokyo dan Nagoya pada 2027 yang bisa melaju secepat 505 km per jam.

Soal kereta Maglev, Jepang sebelumnya juga sudah pernah melakukan uji coba tersebut. Japan Railway (JR) pernah melakukan uji coba dengan kereta yang juga diproduksi di Jepang dan mampu mencapai rekor kecepatan 603 kilometer per jam. Rekor tersebut tercatat pada 2015 silam.

Foto 2: Kereta cepat Jepang dalam proses pembuatan. (NikkeiAsianReview).

Sebelum kereta baru diluncurkan pada 2030, Jepang juga berencana untuk meluncurkan versi baru dari kereta peluru Shinkansen dengan model N700S bersamaan dengan Olimpiade Tokyo 2020. Kereta baru Shinkansen N700S akan melaju pada kecepatan 290 km per jam yang sama dengan kereta peluru sebelumnya dengan nomor model N700 yang sudah ada di negara itu.

Bedanya, generasi terbaru kereta Shinkansen N700S pada 2020 akan lebih ringan, lebih hemat energi, dan akan lebih nyaman dengan ruang kaki yang lebih luas serta outlet listrik di kursi penumpang.

Kembali ke Alfa-X, dikutip dari Geek, ketika sudah dioperasikan pada 2030 mendatang, kereta Alfa-X akan masuk ke layanan perusahaan kereta api Jepang, JR East dengan 10 gerbong di setiap rangkaiannya. Ketika sudah beroperasi, JR East bakal menjalankan kereta peluru dengan kecepatan 360 km per jam. Atau sekitar 70 km per jam lebih cepat dari generasi terbaru Shinkansen yang beroperasi pada 2020.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto