alexametrics

Kim Jong Un Menyerukan Trump Bikin Kesepakatan yang Bisa Saling Diterima

14 April 2019, 12:41:37 WIB

JawaPos.com – Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mengatakan, dia tidak masalah jika harus ada pertemuan ketiga dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, hanya jika AS menunjukkan sikap yang benar. Media pemerintah Korea Utara melaporkan komentar Kim pada Sabtu (13/4).

Dia mendesak Trump untuk membuat kesepakatan yang dapat saling diterima. Menanggapi hal itu, Trump memuji cuitan Kim dan menyambut gagasan KTT baru.

Kedua pemimpin pertama kali bertemu di Singapura tahun lalu. Namun, pertemuan puncak kedua di Hanoi pada Februari gagal.

Trump mengatakan, saat itu para pejabat Korut menginginkan sanksi ekonomi dicabut seluruhnya dengan imbalan menonaktifkan situs nuklir utama. Namun, Korut membantah pernyataan AS.

Dalam komentarnya yang terbaru, Kim mengatakan dalam sebuah pidato bahwa KTT tersebut telah menciptakan keraguan kuat pada dirinya mengenai apakah AS benar-benar ingin meningkatkan hubungan.

“Kami bersedia untuk mencoba lagi jika AS menawarkan untuk mengadakan pertemuan puncak ketiga dengan sikap yang benar dan ketentuan yang dapat diterima bersama,” katanya dilansir dari BBC.

“AS keliru jika percaya bahwa mereka menekan kita secara maksimal, mereka dapat menaklukkan kita dan meminta mereka untuk menghentikan taktik negosiasi yang bermusuhan.”

Namun, dia menambahkan bahwa ikatan pribadinya dengan Trump tetap luar biasa. Pemimpin Korut itu mengatakan dia akan memberikan AS sampai akhir tahun untuk membuat keputusan berani atas rencana KTT baru.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia



Close Ads