alexametrics

Siti Aisyah Bebas, Malaysia Tolak Pembebasan Doan Thi Huong

14 Maret 2019, 13:01:42 WIB

JawaPos.com – Meski Malaysia membebaskan Siti Aisyah, namun Malaysia menolak membebaskan Doan Thi Huong, warga negara Vietnam yang diduga terlibat dalam pembunuhan Kim Jong Nam. Vietnam meminta agar Malaysia membebaskan Doan Thi Huoang setelah Siti Aisyah dibebaskan dari tuduhan pembunuhan terhadap Kim Jong Nam, saudara Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un.

Doan Thi Huong menangis saat seorang jaksa mengumumkan kalau jaksa agung telah menolak permintaan untuk membebaskannya dan persidangannya akan dilanjutkan. Dia telah diadili selama satu setengah tahun atas pembunuhan kakak Kim Jong Un, Kim Jong Nam di Bandara Kuala Lumpur tahun 2017.

siti aisyah, kim jong nam, kim jong un, pembunuhan, korut, doan thi huong,
Siti Aisyah akhirnya dibebaskan dari dakwaan pembunuhan Kim Jong Nam (AFP)

“Saya tertekan. Saya tidak bersalah. Saya ingin keluarga saya berdoa untuk saya,” kata Huong dilansir dari AFP.

Pengacara Huong mengatakan, dia akan terus berusaha dan membuat tawaran kedua. Dia juga mengatakan, ia gagal membebaskan Huong. Setelah pembebasan Siti Aisyah, ia merasa tak yakin pada sistem peradilan pidana Malaysia.

Selama ini Siti dan Huong selalu membantah melakukan pembunuhan. Mereka mengatakan, kalau mereka ditipu oleh mata-mata dari Korea Utara untuk melakukan serangan gaya Perang Dingin yang mengejutkan dunia, yaitu menggunakan agen saraf yang sangat beracun, dan mereka percaya itu adalah lelucon untuk sebuah acara TV.

Pengacara mereka menyatakan, kalau mereka berdua hanyalah kambing hitam. Sementara para pembunuh sebenarnya adalah empat warga Korea Utara, yang dicurigai sebagai dalang di balik komplotan itu tetapi melarikan diri dari Malaysia tak lama setelah pembunuhan itu.

Jaksa tidak memberikan alasan mengapa dakwaan tidak dicabut untuk Huong, 30, yang sekarang menjadi satu-satunya terdakwa yang diadili atas pembunuhan Kim. Dia dapat menghadapi hukuman mati dengan digantung jika dihukum.

Selama persidangan, pengadilan ditunjukkan rekaman CCTV bandara yang menunjukkan Huong mendekati Kim Jong Nam, meletakkan tangannya di wajahnya dengan sapu tangan dan kemudian melarikan diri. Siti hanya dilihat sebagai sosok kabur yang melarikan diri dari TKP.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Siti Aisyah Bebas, Malaysia Tolak Pembebasan Doan Thi Huong