JawaPos Radar

Berikut Profil Mike Pompeo yang Gantikan Tillerson Jadi Menlu AS

14/03/2018, 20:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Berikut Profil Mike Pompeo yang Gantikan Tillerson Jadi Menlu AS
()
Share this image

JawaPos.com - Setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, ia mengaku sudah dapat penggantinya yakni Mike Pompeo.

Pompeo merupakan Direktur Central Intellegence Agency (CIA) atau Badan Pusat Intelijen AS saat ini. Ia akan menggantikan Tillerson menjadi Menteri Luar Negeri AS.

Seperti dilansir BBC, Pompeo merupakan seorang anggota Kongres AS dari Partai Republik. Ia merupakan garis keras Partai Republik.

Sebelum Trump menunjuknya sebagai Direktur CIA, Pompeo juga mendirikan perusahaan suku cadang pesawat dan perusahaan pemasok ladang minyak.

Selama di Kongres AS, ia merupakan pejabat paling vokal mengkritik keras kesepakatan nuklir pemerintahan Obama dan Iran. Dia juga memainkan peranan penting dengan badan intelijen dan Komite Terpilih untuk menyelidiki serangan teroris pada 2012 terhadap Konsulat AS di Benghazi, Libya.

Ia sempat membentuk panel khusus untuk menyelidiki hubungan Trump dengan Rusia pada pilpres 2016.

Namun, penyelidikan itu dihentikan dan ia tidak membahas mengenai hal itu lagi. Posisi Pompeo akan digantikan oleh Wakil Direkur CIA Gina Haspel. Ini akan menjadikan Haspel sebagai direktur perempuan pertama di CIA.

Haspel didukung oleh banyak orang di Intelejen AS, namun beberapa pihak tidak setuju sebab keterlibatannya di 'situs hitam' CIA.

Trump seringkali menyindir kinerja Tillerson. Salah satunya pada saat Tillerson mengatakan, AS akan berkomunikasi dengan Korut namun PyongYang tidak menunjukkan minat untuk berdialog.

"Saya mengatakan pada Rex Tillerson, Menteri Luar Negeri kita yang terhormat, bahwa ia menyia-nyiakan waktunya untuk bernegosiasi dengan 'Little Rocket Man' (panggilan untuk Kim Jong Un)," cuitnya di Twitter.

(ina/iml/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up