JawaPos Radar

Kim Jong Un Minta Upaya Damai dengan Korsel Diteruskan

14/02/2018, 10:34 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Kim Jong Un Minta Upaya Damai dengan Korsel Diteruskan
Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un (KCNA)
Share this image

JawaPos.com - Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menyuarakan untuk menghidupkan kembali rekonsiliasi yang diciptakan oleh Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang, Korea Selatan (Korsel).

Kim memuji Korsel karena telah menjadi tuan rumah negaranya dalam olimpiade tersebut. Presiden Korsel Moon Jae In mengatakan, Amerika Serikat (AS) terbuka untuk berbicara dengan Korut.

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut. Namun mungkin pernyataan itu mengacu pada sebuah pernyataan Wakil Presiden AS Mike Pence sekembalinya ia dari Korsel menuju Washington. "Jika Anda ingin berbicara, kita akan berbicara," kata Pence seperti dilansir Washington Post.

Kim Jong Un Minta Upaya Damai dengan Korsel Diteruskan
Presiden Korsel Moon Jae In (AOL)

Meski kehadiran Korut di Olimpiade Musim Dingin dilihat sebagai tanda hubungan yang membaik, namun juga ada kekhawatiran bila memungkinkan untuk memenangkan propaganda.

Kim juga sempat mengungkapkan terima kasih kepada Korsel karena secara khusus memprioritaskan kehadiran Korut di olimpiade tersebut seperti dilansir BBC, Selasa, (13/2).

Kim memang tidak hadir langsung di Pyeong Chang. Ia diwakili oleh adik sepupunya, Kim Yo Jong.

Penampilan Kim Yo Jong di olimpiade banyak dikritik karena dia berada dalam daftar sanksi AS atas dugaan hubungan dengan pelanggaran hak asasi manusia di Korut. Meski begitu, pertemuan antara kedua belah pihak Korea mendapatkan banyak sorotan.

Langkah-langkah Kim Yo Jong selama di Pyongyang adalah representasi dari manuver kakaknya. Apalagi setelah dia menyerahkan surat dari kakaknya kepada Presiden Moon, mengundangnya untuk mengunjungi Korut.

(ina/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up