JawaPos Radar

Benjamin Netanyahu Hadapi Tuduhan Korupsi

14/02/2018, 12:18 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Benjamin Netanyahu Hadapi Tuduhan Korupsi
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Polisi Israel mengatakan,Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu didakwa atas tuduhan korupsi. Hal ini jelas mengguncang politik Israel dan menimbulkan pertanyaan apakah masa jabatannya yang panjang akan segera berakhir.

Netanyahu yang sudah selama 12 tahun menjadi perdana menteri menyatakan, ia tidak bersalah. Ia juga menegaskan bahwa ia tidak berniat untuk mengundurkan diri sama sekali.

"Selama bertahun-tahun saya menjadi subjek 15 penyelidikan, semua usaha itu tidak menghasilkan apa-apa. Begitu juga untuk tuduhan kali ini," kata Netanyahu seperti dilansir AFP, Rabu, (14/2).

Keputusan apakah akan ada tuntutan resmi atau tidak terdapat pada Kantor Jaksa Agung. Itu pun akan memakan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk memutuskan.

Seorang perdana menteri yang disebut korupsi oleh polisi dan dikenakan sanksi formal tidak diwajibkan untuk mengundurkan diri. Polisi menemukan kasus ini tentang penyuapan, kecurangan, dan pelanggaran kepercayaan publik.

Ada kecurigaan ia dan keluarganya menerima hadiah mahal dari produser Hollywood Arnon Milchan dan miliarder Australia James Packer. Hadiah itu diduga termasuk cerutu mahal, perhiasan, dan sampanye.

Mereka juga telah memeriksa bahwa ada kesepakatan rahasia dari Netanyahu kepada penerbit surat kabar terlaris, Yediot Aharonot untuk meliput dirinya dengan kabar-kabar yang baik.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up