alexametrics
JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tumturk Sebut 3-5 Juta Muslim Uighur Ada di Kamp Konsentrasi Tiongkok

14 Januari 2019, 16:56:58 WIB
muslim uighur, uighur, tiongkok, aksi bela muslim uighur,
Umat Muslim yang ikut Aksi Bela Muslim Uighur di Jakarta kecewa dengan pemerintahan Xi Jinping dengan membakar fotonya (Verryana Imel Novita/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ketua Majelis Nasional Turkistan Timur yang berkedudukan di Istanbul, Turki, Seyit Tumturk berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia, organisasi masyarakat (ormas), dan masyarakat Indonesia yang mengangkat kehormatan umat Islam dengan membela Muslim Uighur.

Hal itu dikatakan Tumturk saat bertemu dengan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Jakarta pada Senin (14/1). "Saya berterima kasih kepada Indonesia yang telah memberi ruang untuk berbagi masalah (Muslim Uighur) ini," katanya.

Dia juga menceritakan bahwa Pemerintah Tiongkok memasukkan Muslim Uighur ke kamp konsentrasi. Namun, Pemerintah Tiongkok tidak mengakui bahwa itu adalah kamp konsentrasi.

muslim uighur, uighur, tiongkok, aksi bela muslim uighur,
Muslim Uighur ditangkap Pemerintah Tiongkok di kamp konsentrasi (Mvslim)

"Pemerintah Tiongkok mengatakan ada satu juta Muslim Uighur di sana untuk diedukasi, namun kenyataannya ada 3-5 juta Muslim yang berada di kamp konsentrasi," ujar Tumturk.

Dia juga menambahkan dan mengusulkan, perlu adanya peneliti yang dikirim untuk melihat keadaan di sana. "Mereka bisa melihat kenyataan di sana apakah benar ada kamp konsentrasi," katanya. "Tentunya peneliti yang netral."

Fahri mengataka, isu Hak Asasi Manusia Muslim Uighur di Tiongkok harus terus diangkat dan dibela. "Rakyat Indonesia serta pemerintah akan secara utuh membela isu ini," katanya.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Verryana Novita Ningrum

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini