JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pasang Pipa Air, Tukang Temukan Kuburan Masal 1.837 Tentara Jerman

13 Desember 2018, 15:50:36 WIB
kuburan masal tentara jerman, tentara jerman, stalingrad,
Secara keseluruhan, arkeolog militer telah menemukan 1.837 tubuh yang semuanya adalah tentara Jerman (BNPS)
Share this

JawaPos.com – Pengingat suram Pertempuran Stalingrad pada Perang Dunia II  telah ditemukan.  Sebuah kuburan masal yang memuat hampir 2.000 tentara Jerman ditemukan 75 tahun kemudian. Dilansir dari Dailymail pada Rabu (12/12), lubang besar berisi hampir 1.800 lebih jasad tentara Jerman itu ditemukan tanpa sengaja oleh tukang yang mau memasang pipa air baru di Volgograd (Stalingrad), Rusia.

Mereka memberi tahu pihak berwenang, termasuk Komisi Kuburan Perang Jerman, dan penggalian secara hati-hati telah dilakukan. Secara keseluruhan, arkeolog militer telah menemukan 1.837 jasad yang semuanya adalah tentara Jerman.

Mereka juga menemukan sisa-sisa kuda yang tewas bersama orang-orang dalam pertempuran yang paling besar dalam Perang Dunia II dan yang paling berdarah sepanjang masa, dengan sekitar dua juta orang tewas, terluka atau tertangkap.

kuburan masal tentara jerman, tentara jerman, stalingrad,
Juru bicara itu mengatakan,tag ID juga telah ditemukan. Sekarang tad ID sedang dibersihkan sebelum proses identifikasi dimulai (BNPS)

Pekerjaan yang melelahkan untuk mencoba dan mengidentifikasi korban sekarang sedang berlangsung. Jasad para tentara Jerman juga akan diberikan penguburan yang layak pada upacara militer di kota.

Kuburan masal dengan panjang 430 kaki, lebar 23 kaki dan kedalaman 7 kaki, ditemukan di distrik Angarsky di Volgograd. 

Seorang Juru Bicara Komisi Kuburan Perang Jerman menjelaskan, mereka awalnya berpikir bahwa 800 mayat dikubur di kuburan masal tetapi angka itu naik lebih dari 1.000 setelah penggalian. “Pada awal Oktober kami melaporkan 800 orang tewas pada perang di  Stalingrad, yang berubah nama menjadi Volgograd,” ujarnya.

Setiap tahun di Volgograd rata-rata tiga hingga empat kuburan masal ditemukan. Temuan dalam skala ini cukup istimewa.  

Juru bicara itu mengatakan,tag ID juga telah ditemukan. Sekarang tad ID sedang dibersihkan sebelum proses identifikasi dimulai. 

“Biasanya kerabat akan merasa lega kalau mengetahui nasib tentara yang hilang dalam perang itu. Mereka akan senang jika jasad tubuh kakek atau paman mereka dikuburkan. Ini sangat penting untuk keluarga tentara Jerman yang tewas di medan perang tersebut," ujar juru bicara itu.

Penulis kisah Stalingrad, Michael Jones mengatakan, Pertempuran Stalingrad adalah kekalahan katastropik bagi Angkatan Darat ke-6 Jerman. Sebulan setelah menyerah, pada awal Maret 1943, Letnan Soviet Vladimir Gelfand mengunjungi Kota Stalingrad. Dia menulis dalam buku hariannya, ia menyaksikan gambaran mengerikan tentang kehancuran kota dengan mayat berserakan di mana-mana.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : (ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up