JawaPos Radar

Korsel Ajukan Korut Jadi Tuan Rumah Olimpiade Musim Panas 2032

13/09/2018, 05:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
olimpiade musim dingin, korut,
Korea Selatan (Korsel) berencana untuk mengusulkan Pyongyang, Korea Utara (Korut) sebagai tuan rumah bersama Olimpiade Musim Panas tahun 2032 (Agolf)
Share this image

JawaPos.com - Korea Selatan (Korsel)  berencana untuk mengusulkan Pyongyang, Korea Utara (Korut) sebagai tuan rumah bersama Olimpiade Musim Panas tahun 2032. Hal itu akan diusulkan Menteri Olahraga Korsel Do Jong Hwan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). Do akan membuat proposal ketika dia menemani Presiden Moon Jae In ke ibukota Korea Utara untuk pertemuan ketiga dengan Kim Jong Un.

"Saya berencana untuk mengajukan proposal ini ke Korut untuk penyelesaian perdamaian di semenanjung Korea," katanya seperti dikutip dari AFP pada Rabu (12/9). "Seoul dan Pyongyang akan menjadi tuan rumah pertandingan", katanya.

Kedua Korea telah membahas permasalahan ini sejak Olimpiade Musim Panas Seoul 1988, tetapi negosiasi runtuh karena perbedaan di berbagi peristiwa. Sebelumnya, Korut dan Korsel membentuk tim Olimpiade terpadu pertama mereka yaitu tim hoki es perempuan gabungan, di pertandingan musim dingin di Pyeongchang, Korsel.

Kepala Olimpiade Thomas Bach mengatakan, ia terbuka untuk berbicara dengan dua Korea di Olimpiade Tokyo 2020. Bach berbicara hal tersebut di Asian Games di Indonesia. Kedua Korea berparade bersama pada upacara pembukaan dan membentuk tim terpadu untuk kedua kalinya di 2018 ini.

Pada Asian Games 2018, kedua Korea membentuk tim gabungan dalam dayung, kano dan bola basket wanita di Olimpiade regional, memenangkan satu medali emas, satu perak dan dua perunggu.

Untuk Piala Dunia FIFA 2030, Do mengatakan Korea Selatan juga berencana untuk mengusulkan turnamen yang diselenggarakan bersama yang melibatkan Tiongkok, Jepang dan kedua Korea.

"Dengan cara ini, kita dapat mempertahankan momentum saat ini untuk perdamaian dan memperluas perdamaian di semenanjung Korea ke seluruh wilayah", katanya.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up