JawaPos Radar

KTT Korut dan Korsel Kemungkinan Dilakukan di Pyongyang

13/08/2018, 15:50 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
KTT korut dan korsel
Para pejabat Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) dilaporkan telah memulai kerja sama Tingkat Tinggi (KTT) hari ini, Senin, (13/8). Salah satu laporan surat kabar Korsel menyarankan kedua belah pihak segera merencanakan untuk pertemuan puncak (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Para pejabat Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) dilaporkan telah memulai Kerja sama Tingkat Tinggi (KTT) hari ini, Senin (13/8). Salah satu laporan surat kabar Korsel menyarankan agar kedua belah pihak segera merencanakan untuk pertemuan puncak di Pyongyang akhir bulan ini.

Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae In sebelumnya bertemu pada April lalu di sebuah desa. Mereka setuju untuk mengadakan KTT lain di musim gugur yang diadakan di ibu kota Korut, Pyongyang.

Delegasi Korsel yang dipimpin oleh Menteri Unifikasi Cho Myoung Gyon telah memulai putaran pembicaraan terbaru dengan rekan-rekan yang dipimpin oleh Ketua Komite Reunifikasi Korut Ri Son Gwon di desa gencatan senjata Panmunjom.

KTT korut dan korsel
Kim dan Moon dijadwalkan melakukan KTT kembali (The Japan Times)

"Ketika KTT Pyongyang, para pemimpin Korut dan Korsel sedang dikejar. Saya percaya kami dapat memberikan jawaban konkret atas masalah-masalah yang diharapkan dan diinginkan rakyat," kata Ri.

Seperti dilansir Channel News Asia, KTT berikutnya dapat diadakan dalam waktu dekat dan diperkirakan dapat dilaksanakan pada akhir Agustus mendatang. Jadwal tersebut sebagian besar telah dikoordinasikan dengan Korut dan pertemuan tersebut kemungkinan diadakan di Pyongyang.

Juru Bicara untuk Presiden di Blue House mengatakan, para pejabat berharap rincian seperti itu akan diputuskan pada pembicaraan hari Senin.

"Kami berharap bahwa waktu, tempat, dan jumlah delegasi yang akan mengunjungi Korea Utara akan diputuskan," kata Jubir Blue House Kim Eui Kyeom. Namun dirinya menolak berkomentar mengenai hal-hal spesifik secara lebih lanjut.

Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un mengadakan sejumlah pertemuan diplomatik dengan para pemimpin dunia termasuk Korsel, Tiongkok, dan Amerika Serikat (AS) tahun ini.

(ce1/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up