JawaPos Radar | Iklan Jitu

Surat Martin Luther King 500 Tahun Lalu Dijual Rp 4,3 Miliar

13 Juli 2018, 04:00:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Surat Martin Luther King 500 Tahun Lalu Dijual Rp 4,3 Miliar
Surat Martin Luther King ditulis sekitar tahun 1543 September kepada seorang pejabat tinggi di Gereja St Nicholas Berlin (Inquirer)
Share this

JawaPos.com - Sebuah barang kuno kembali ditemukan, kali ini berupa surat satu halaman yang diketahui ditulis hampir 500 tahun yang lalu. Surat kuno tersebut diketahui ditulis oleh ilmuwan dan pemuka agama asal Jerman Martin Luther King.

Surat satu halaman yang ditulis di kedua sisi tersebut dijual setidaknya Rp 4,3 miliar pada lelang yang dilakukan oleh Lelang RR yang berbasis di Boston yang berakhir Rabu, (11/7).

"Barang-barang Martin Luther tidak sering dijual di acara lelang, dan ini sangat luar biasa untuk surat berusia 500 tahun," kata Wakil Presiden Eksekutif RR Robert Livingston seperti diansir Inquirer pada Rabu, (11/7).

Surat tersebut ditulis sekitar tahun 1543 September kepada seorang pejabat tinggi di Gereja St Nicholas Berlin. Surat tersebut adalah tanggapan atas surat dari pejabat yang meminta penafsiran Luther tentang beberapa ayat Alkitab yang digunakan oleh mantan teman Luther Johann Agricola untuk membenarkan perlakuan positifnya terhadap orang Yahudi di Jerman.

Dalam jawabannya, Luther memberi tahu Georg Buchholzer bahwa dia telah berkhotbah dengan baik untuk melawan orang Yahudi dan harus terus melakukannya. Ia juga mengabaikan Agricola.

"Bagi orang Yahudi ini bukan orang Yahudi, tetapi iblis menjelma yang mengutuk Tuhan kita," tulis Luther, menurut terjemahan RR Lelang. Sembilan puluh lima tesis yang ditulis Luther pada 1517 memicu Reformasi Protestan dan keretakan dalam ajaran Kristiani hingga muncullah Kristen Protestan.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up