alexametrics

Omicron BA.4 dan BA.5 jadi Ancaman di Afsel, Kasus Covid-19 Melonjak

13 Mei 2022, 00:32:08 WIB

JawaPos.com – Kasus Covid-19 di Afrika Selatan melonjak dipicu oleh subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika menunjukkan ada penambahan 37.111 kasus hingga 1 Mei. Ini berarti penambahan sebesar 38 persen atau sepertiga dari minggu sebelumnya.

Afrika Selatan melaporkan 32.852 kasus baru selama seminggu yag dipicu oleh subvarian BA.4 dan BA.5 dari varian Omicron. Institut Nasional untuk Penyakit Menular negara itu melaporkan 9.757 kasus Covid-19 baru, meningkat dari 6.170 kasus yang dilaporkan pada hari sebelumnya.

Tingkat kepositifan meningkat dari 23 persen menjadi 26 persen. Jumlah penerimaan rumah sakit melonjak dari 120 menjadi 135. Untuk menahan penyebaran virus Korona, Departemen Kesehatan Afrika Selatan memperkenalkan peraturan baru yakni persyaratan masker dan pembatasan pertemuan kembali diberlakukan.

Berdasarkan peraturan tersebut, masyarakat diharuskan memakai masker saat menggunakan transportasi umum dan di tempat umum dalam ruangan, dengan pengecualian untuk anak-anak di sekolah. Untuk pertemuan di dalam dan di luar ruangan, maksimal 50 persen dari kapasitas tempat dapat ditempati asalkan setiap peserta divaksinasi dan dapat menunjukkan sertifikat vaksinasi. Atau, orang harus menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif yang diberi cap dalam waktu 72 jam setelah acara.

“Jika pemenuhan persyaratan gathering dalam ruangan ini tidak memungkinkan, maka kehadiran dibatasi 1.000 orang atau 50 persen dari kapasitas, mana yang lebih kecil, sedangkan kehadiran pada gathering di luar ruangan dibatasi 2.000 orang atau 50 persen dari kapasitas” kata Menteri Kesehatan Joe Phaahla.

Pelancong internasional yang tiba di Afrika Selatan harus divaksinasi, atau mereka harus menunjukkan hasil tes asam nukleat negatif dalam waktu 72 jam setelah keberangkatan. Kabar baiknya, meski kasus naik, kematian tetap rendah.

Afrika baru memvaksinasi penuh 17,2 persen populasinya. Dan 10 negara anggota Uni Afrika telah memvaksinasi lebih dari 35 persen populasi mereka.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads