alexametrics

Bukan Hanya Jokowi, 3 Pemimpin Negara ini juga Tak Disambut Pejabat AS

13 Mei 2022, 17:52:20 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo saat ini tengah menghadiri pertemuan tingkat tinggi KTT ASEAN di Washington, Amerika Serikat. Saat tiba di bandara, Jokowi tak disambut oleh pejabat AS.

Kementerian Luar Negeri RI tak tersinggung dengan hal itu. Kemenlu RI justru mencontohkan pejabat negara lain yang diperlakukan sama pada saat tiba di bandara.

Presiden Joko Widodo melakukan perjalanan 24 jam untuk menghadiri KTT secara langsung. Laporan Coconuts, Jokowi disambut oleh sekelompok kecil pejabat Indonesia dan tidak ada politisi atau pejabat Amerika. Jokowi tiba pada pukul 21:40 malam waktu AS.

Jokowi, bersama dengan Ibu Negara Iriana, turun dari pesawat dan tidak disambut oleh pejabat tinggi AS. Jokowi disambut Duta Besar Indonesia untuk AS, Rosan Roeslani.

“Kunjungan Presiden Indonesia ke Washington DC bukanlah kunjungan bilateral. Beliau ada di sana untuk menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS,” tegas juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, Jumat (13/5) saat dikonfirmasi JawaPos.com.

Menurutnya, semua pejabat negara diperlakukan sama. Tak ada perbedaam saat ketibaan di AS.

“Kami melihat bahwa semua (negara ASEAN yang tiba menerima perlakuan yang sama),” tegasnya.

Laporan Coconuts dan Breitbart, Jumat (13/5), sejumlah pemimpin negara ASEAN juga tak disambut oleh pejabat AS seperti Jokowi. Mereka adalah Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri, dan Perdana Menteri Vietnam Phạm Minh Chính.

1. Kamboja

Outlet berita Kamboja mencatat bahwa Hun Sen disambut dengan hangat pada saat kedatangannya di Hotel Willard Intercontinental oleh banyak orang Amerika Kamboja dan orang Kanada Kamboja. Akan tetapi, sumber tidak melaporkan ada pejabat Amerika yang menyambutnya saat mendarat.

2. Malaysia

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri disambut pada saat kedatangan oleh Menteri Luar Negeri Datuk Seri Saifuddin Abdullah, tetapi juga tidak oleh pejabat Biden, menurut New Straits Times. Sabri tidak disambut oleh pejabat AS saat tiba di AS untuk KTT ASEAN.

3. Vietnam

Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh dilaporkan berjabat tangan dengan Duta Besar Amerika untuk Vietnam Marc Knapper. Satu-satunya pejabat AS yang menyambut Chinh pada saat kedatangan adalah Duta Besar AS untuk Vietnam.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads