alexametrics

Covid-19 Naik, Kemanjuran Vaksin Sinopharm di Seychelles Dipertanyakan

13 Mei 2021, 08:38:50 WIB

JawaPos.com – Seychelles merupakan negara Afrika dengan populasi terkecil. Seychelles adalah negara kepulauan dengan 115 pulau terletak sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika dan sebelah timur laut Madagaskar. Negara tersebut mendapat sorotan karena paling masif dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19. Mereka telah memvaksinasi sekitar 60 persen populasinya dan menjadi negara paling masif di dunia dalam vaksinasi Covid-19. Vaksin yang digunakan sebagian besar vaksin Sinopharm dari Tiongkok.

Hanya saja, kemudian muncul sorotan lain. Itu tak lepas dari melonjaknya kasus Covid-19 di negara tersebut meski sudah sekitar 60 persen populasinya divaksinasi.

Kini, Seychelles sedang berjuang untuk menahan lonjakan baru infeksi Covid-19. Dan, tentu saja menimbulkan pertanyaan tentang keefektifan suntikan vaksin Sinopharm asal Tiongkok yang digunakan oleh negara kepulauan itu kepada sebagian besar penduduknya.

Baca juga: WHO Akhirnya Berikan Izin untuk Vaksin Sinopharm, Sinovac Menunggu

Dalam beberapa hari terakhir, serbuan pasien yang mencari pengobatan telah membanjiri satu-satunya pusat perawatan Covid-19 di Seychelles. Penularan Covid-19 harian telah melonjak menjadi lebih dari 300 kasus, sehingga total kumulatif menjadi 8.172 dan memaksa pemerintah untuk menerapkan kembali tindakan penguncian.

Meski angka itu rendah dibanding negara lain, namun tetap masalah besar bagi negara kecil yang terisolasi secara geografis dengan populasi hanya 100.000. Tingkat kasus harian adalah jumlah infeksi per kapita yang lebih tinggi daripada wabah di India.

Editor : Edy Pramana

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads