alexametrics

Warga Madhya Pradesh Banyak yang Dihukum Mati karena Pelecehan Seks

13 Maret 2019, 17:26:46 WIB

JawaPos.com – Juli 2018 lalu, pengemudi becak berusia 34 tahun Rajkumar Pol dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang bocah, 4, yang biasa antar jemput sekolah di kota asalnya, Katni, di negara bagian India tengah, Madhya Pradesh.

“Ketika dihadapkan oleh majikannya, dia tidak terlihat khawatir sama sekali”, kata istri Pol, Sulochana Kol, seperti dilansir dari Al Jazeera pada Selasa (12/3). Dia saat ini tinggal dan bekerja di sebuah peternakan sapi perah bersama iparnya.

Polisi segera menangkap Pol. Namun ia tidak mampu membayar pengacara. Persidangannya dimulai pada 23 Juli. Pengadilan Katni menyatakan Pol bersalah karena memerkosa bocah itu dan dijatuhi hukuman mati.

india, madya pradesh, pelecehan seksual, hukuman mati,
Perdana Menteri India Narendra Modi memuji kecepatan hukuman sebagai bukti upayanya untuk memastikan keselamatan perempuan (RT)

Pada tahun 2018, 22 kasus kriminal di Madhya Pradesh, termasuk Pol, mengakibatkan hukuman mati yang tertinggi di seluruh India tahun itu. Dua puluh satu terdakwa dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Banyak dari persidangan ini diselesaikan dengan cepat, para terdakwa dihukum dalam beberapa hari, paling lama beberapa minggu.

Perdana Menteri India Narendra Modi memuji kecepatan hukuman sebagai bukti upayanya untuk memastikan keselamatan perempuan. “Perkosaan juga terjadi sebelumnya,” kata Modi dalam pidatonya di bulan Januari.

“Tapi hari ini hukuman mati bisa dilakukan dalam tiga hari, tujuh hari, 11 hari dan satu bulan,” terang Modi. Pada akhir 2018, 426 tahanan dijatuhi hukuman mati.

“Jika Anda melihat data statistik, sebagian besar dari mereka yang dijatuhi hukuman mati merupakan orang yang sangat miskin, dengan pendidikan sangat sedikit, tidak berpendidikan, dan termasuk kelompok paling terpinggirkan di India,” kata Ankita Sarkar, anggota Project 39A yang berbasis di New Delhi.

“Kualitas perwakilan hukum yang diterima tahanan dari hukuman mati seringkali sangat buruk. Sikap India untuk mempertahankan hukuman mati ketika dunia bergerak untuk menghapusnya sehingga berakhir dengan banyak prasangka dan bias,” tambah Sarkar.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna



Close Ads
Warga Madhya Pradesh Banyak yang Dihukum Mati karena Pelecehan Seks