alexametrics

Kim Jong Un tak Terpilih Jadi Legislator

13 Maret 2019, 19:42:57 WIB

JawaPos.com – Hasil pemilu nasional Korea Utara 10 Maret lalu diumumkan kantor berita pemerintah kemarin (12/3). Di antara beberapa hasil klise, ada hal baru yang mengejutkan publik internasional. Kim Jong Un tak masuk daftar legislator terpilih di Dewan Rakyat Agung (SPA).

BBC melansir, kabar itu dipastikan saat Korean Central Broadcasting Station (KCBS), stasiun radio pemerintah, mengumumkan 687 daftar legislator yang terpilih. Sampai akhir pengumuman, nama Kim Jong Un tak disebut dalam daftar SPA angkatan ke-14 tersebut. Yang masuk dalam daftar justru adik perempuannya, Kim Yo Jong.

Itulah kasus pertama tatkala penguasa tertinggi Korea tak masuk badan legislatif negara. Sejak era Kim Jong Il, pemimpin tertinggi Korut selalu masuk keanggotaan SPA. Pada 2014, Kim Jong Un terpilih sebagai wakil rakyat mewakili konstituen nomor 111 di Gunung Baekdu.

kim jong un, korut, legislator,
Kim Jong dan Trump dalam KTT Kedua yang gagal ditandatangani (Channel News Asia)

’’Tampaknya, ada upaya dari Korea Utara untuk menjadi negara normal. Di sebagian negara demokrasi, presiden juga tak punya kursi di parlemen,’’ ujar Rachel Minyoung Lee, pakar Korut.

Memang, SPA tak punya fungsi yang nyata di Pemerintah Korut. Banyak yang menyebutkan bahwa lembaga tersebut hanya tukang stempel untuk undang-undang Korut. Sebab, semua kebijakan diambil sendiri oleh Kim Jong Un.

Rakyat pun tak diberi keleluasaan memilih. Mereka hanya diberi balot suara berisi satu calon. Jika menolak calon atau absen, mereka langsung ditindak dengan tuduhan pengkhianatan negara.

’’Tak ada yang akan memberikan suara untuk menolak kandidat,’’ kata Jin Ki Chol, ketua komisi pemilihan umum Korut.

Setiap tahun persentase surat suara yang masuk biasanya dekat dengan 100 persen. Menurut The Guardian, tahun ini partisipasi rakyat mencapai 99,99 persen. ’’Semua pemilih yang berpartisipasi menguatkan kekuatan negara. Semuanya berpartisipasi untuk memilih wakil di SPA.’’ Begitu komentar yang dilontarkan kantor berita Korut KCNA.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (bil/c14/dos)

Copy Editor :

Kim Jong Un tak Terpilih Jadi Legislator