alexametrics

Kardinal Pell Lecehkan 2 Anak Lelaki Usai Misa

13 Maret 2019, 11:38:49 WIB

JawaPos.com – Kardinal George Pell dijatuhi hukuman penjara selama enam tahun setelah dinyatakan bersalah melakukan pelecehan seksual terhadap dua anak lelaki di Australia. Dilansir dari BBC pada Rabu (13/3), mantan bendahara Vatikan tersebut merupakan tokoh Katolik paling senior yang pernah dinyatakan bersalah atas pelanggaran seksual terhadap anak-anak.

Pell melecehkan anak laki-laki paduan suara berusia 13 tahun di sebuah katedral Melbourne pada tahun 1996. Kardinal, 77, mempertahankan argumennya dan telah mengajukan banding.

Hari ini, seorang hakim mengatakan kardinal itu melakukan serangan seksual pada dua korban. “Tingkah lakumu dipenuhi oleh arogansi yang mengejutkan,” kata Hakim Peter Kidd.

pelecehan seksual, seksual, perkosaan, misa, kardinal pell,
Pada bulan Desember, juri dengan suara bulat menghukum Pell atas satu tuduhan melakukan penetrasi seksual terhadap anak di bawah usia 16, dan empat tuduhan melakukan tindakan tidak senonoh terhadap an (Public Radio International)

Pada bulan Desember, juri dengan suara bulat menghukum Pell atas satu tuduhan melakukan penetrasi seksual terhadap anak di bawah usia 16, dan empat tuduhan melakukan tindakan tidak senonoh terhadap anak di bawah 16 tahun.

Dakwaan terhadap Pell telah mengguncang Gereja Katolik. Sebab selama ini Pell menjadi salah satu penasihat terdekat Paus. Para penyintas yang selamat melakukan perjalanan ke Melbourne untuk menyaksikan hukuman Pell di depan ruang sidang yang penuh sesak.

Pell akan memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat setelah tiga tahun dan delapan bulan. Permohonan bandingnya akan didengar pada bulan Juni.

Jaksa penuntut mengatakan, Pell melecehkan anak-anak itu setelah misa di Katedral St Patrick pada tahun 1996, ketika ia menjadi Uskup Agung Melbourne. Setelah memberitahu mereka bahwa mereka dalam masalah karena minum anggur perjamuan, Pell memaksa setiap anak lelaki untuk melakukan tindakan tidak senonoh. Dia melecehkan salah satu anak laki-laki lagi pada tahun 1997.

Hakim Kidd mengatakan pelecehan Pell sangat tidak berperasaan karena Pell berada dalam posisi berkuasa. “Anda adalah uskup agung Katedral St. Patrick, dan Anda melakukan pelecehan seksual terhadap dua anak lelaki paduan suara di dalam katedral itu,” katanya kepada Pengadilan Wilayah Victoria.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Kardinal Pell Lecehkan 2 Anak Lelaki Usai Misa