JawaPos Radar

Wartawan dan Kekasihnya Tewas Ditembak, Wakil PM Slovakia Mundur!

13/03/2018, 21:08 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Wartawan dan Kekasihnya Tewas Ditembak, Wakil PM Slovakia Mundur!
Warga Slovakia memberikan penghormatan terhadap almarhum wartawan Jan Kuciak dan kekasihnya yang tewas ditembak (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Dalam Negeri Slovakia, Robert Kalinak mengumumkan pengunduran diri pada Senin. Usai terjadi ketegangan yang dipicu pembunuhan seorang wartawan yang melakukan investigasi guna menyelidiki hubungan antara Pemerintah Slovakia dan mafia.

Kalinak mengatakan, untuk memenuhi mandat ia harus melakukan segala hal untuk menjaga stabilitas Slovakia. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai wakil perdana menteri dan menteri dalam negeri.

Pembunuhan terhadap wartawan Jan Kuciak dan kekasihnya bulan lalu telah memicu protes besar-besaran terhadap pemerintah Perdana Menteri Robert Fico. Puluhan ribu warga Slovakia melakukan demonstrasi di Bratislava pada Jumat lalu.

Wartawan dan Kekasihnya Tewas Ditembak, Wakil PM Slovakia Mundur!
Warga Slovakia unjuk rasa minta keadilan bagi wartawan Jan Kuciak dan kekasihnya (AFP)

Selain demonstrasi tersebut, partai yang diikuti Kalinak juga mendapat serangan kecil dari rekan koalisi Partai Most Hid yang mengancam akan berhenti jika menteri dalam negeri tersebut tak segera mundur.

Jasad Kuciak dan tunangannya yang berusia 27 tahun ditemukan tewas tertembak di rumah mereka di dekat Bratislava pada 25 Februari lalu. Pasangan tersebut rencananya akan menikah pada Mei mendatang seperti dilansir AFP, Senin (12/3).

Polisi mengatakan, tewasnya Kuciak kemungkinan terkait dengan penyelidikannya yang menghasilkan artikel mengenai hubungan antara polisi top Slovakia dan mafia terkenal Italia Ndrangheta.

Kasus pembunuhan dan artikel tersebut memicu unjuk rasa antipemerintah. Warga unjuk rasa meminta keadilan bagi kematian sang jurnalis dan kekasihnya.

(ina/iml/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up