alexametrics

5 Insiden Pesawat Jatuh Akibat Tertembak Rudal Termasuk Milik Ukraina

13 Januari 2020, 17:13:13 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Iran minta maaf atas insiden salah tembak yang menyebabkan sebuah pesawat Ukraina dari maskapai Ukraine International Airlines jatuh pada Rabu (8/1). Sebanyak 176 penumpang (termasuk kru) tewas dalam tragedi itu. Sebuah rudal Iran menjatuhkan pesawat tersebut dan seperti dilansir New York Times, menjadi peristiwa kelima serupa sejak awal 1980-an.

Dilansir New York Times, Senin (13/1), pejabat Amerika Serikat menilai hal itu menjadi sebuah kesalahan. Pada masa lalu, negara-negara yang pasukan militernya menembak jatuh sebuah pesawat kadang-kadang berdalih itu kecelakaan, padahal salah sasaran mengira sebagai pesawat perang. Beberapa penembakan terhadap pesawat yang terjadi selama masa ketegangan politik bisa jadi menyebabkan kesalahan.

Pesawat Ukraina berjenis Boeing 737-800 jatuh tak lama setelah lepas landas dari Teheran. Para pejabat Iran dengan cepat menyalahkan masalah mekanis. Sebab peristiwa itu hanya beberapa jam setelah Iran menembakkan serangan rudal ke pasukan AS di Irak. Sehingga menimbulkan kecurigaan bahwa pesawat itu mungkin telah ditembak jatuh.

Peristiwa serupa pada masa lalu juga pernah tercatat dalam sejarah. Berikut di antaranya.

2014
Sebuah pesawat Malaysia yang terbang di atas Ukraina bagian timur ditabrak oleh sebuah rudal kelompok separatis yang melawan pemerintah Ukraina. Ada 298 orang penumpang di pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 tersebut. Semuanya meninggal dunia. Tiga orang Rusia, termasuk seorang mantan perwira di dinas intelijen Rusia, dan seorang Ukraina dituduh terkait penembakan itu. Pesawat itu jenis Boeing 777 dan peristiwa tersebut terjadi pada 17 Juli 2014.

2001
Sebuah rudal yang ditembakkan oleh pasukan Ukraina saat latihan militer menjatuhkan sebuah pesawat Siberia Airlines di atas Laut Hitam. Pesawat buatan Rusia, Sibir Tupolev-154 yang lepas landas dari Israel meledak dan menewaskan 78 orang di dalamnya. Ukraina sepakat dengan Israel terkait kompensasi. Banyak dari korban adalah orang Israel yang beremigrasi dari Rusia. Peristiwa itu terjadi pada 4 Oktober 2001.

1988
Kapal Penjelajah Angkatan Laut AS, USS Vincennes, menembak jatuh sebuah pesawat Iran yang terbang di atas Teluk Persia, 3 Juli 1988. Sebanyak 290 orang di dalam Iran Air Flight 655, meninggal dunia. AS mengatakan kecelakaan itu terjadi ketika pesawat jet Airbus dikira sebagai pesawat jet tempur. Pemerintah akhirnya meminta maaf dan delapan tahun kemudian setuju untuk membayar kompensasi kepada keluarga korban.

1983
Pasukan Uni Soviet menjatuhkan pesawat Boeing 747 Korean Air Lines Flight 007 setelah menyimpang dari rute yang direncanakan antara Anchorage, Alaska, dan Seoul, Korea Selatan, dan memasuki ruang udara Uni Soviet. Semua 269 penumpang dan awak di dalamnya tewas, termasuk seorang anggota kongres dari Georgia. Insiden itu terjadi pada 1 September 1983 di tengah hubungan AS-Soviet yang sudah tegang karena perang dingin. Keluarga beberapa penumpang menerima penyelesaian kompensasi dari maskapai setelah mengajukan tuntutan hukum di pengadilan AS.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads