JawaPos Radar

Alhamdulillah, Remaja Australia Pecinta Alkohol Turun Drastis

13/01/2018, 06:20 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Alhamdulillah, Remaja Australia Pecinta Alkohol Turun Drastis
Minuman Beralkohol (Financial Express)
Share this image

JawaPos.com - Minum alkohol di kalangan remaja di Australia menurun drastis dalam dua dekade terakhir. Orangtua cenderung tidak mau memberikan izin bagi anak-anaknya untuk minum-minuman. Kaum muda di sana juga semakin sadar untuk menjaga kesehatan mereka.

Penelitian Deakin University menunjukkan, jumlah remaja yang mengkonsumsi alkohol berkurang dari 70 persen menjadi 45 persen. Penelitian tersebut mensurvei 41.000 remaja di tahun 1999 sampai 2015.

Padahal ketika survei dimulai, Australia menjadi negara dengan peminum alkohol tertinggi di dunia. Sementara, penelitian yang dipublikasikan di Drug and Alcohol Review menemukan bahwa orang tua yang memberikan izin anak-anaknya minum alkohol telah turun dari 22 persen di tahun 2007 menjadi 12 persen di 2015.

"Sikap orangtua telah berubah terhadap penggunaan alkohol di rumah. Ini merupakan pemicu yang sangat penting untuk perubahan," kata Kepala Peneliti John Toumbourou di Deakin seperti dilansir AFP, Jumat, (12/1).

Toumbourou menambahkan, orang dewasa selain orang tua di rumah juga tidak mempunyai keinginan untuk menawarkan minuman alkohol pada remaja dan anak-anak.

Para peneliti mengatakan, ini dipacu oleh perpaduan peraturan perundang-undangan dan program pendidikan yang ketat yang ditargetkan di sekolah dan orangtua sehingga memberikan kontribusi terhadap pengurangan alkohol.

Orangtua semakin menyadari bahaya terhadap kesehatan. "Anak-anak muda sangat  mengerti bahwa otak masih akan berkembang pada masa remaja, maka dari itu mereka mengurangi alkohol," kata Toumbourou.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up