JawaPos Radar | Iklan Jitu

7 Warga Palestina, Termasuk Komandan Hamas Tewas Diserang Israel

12 November 2018, 15:11:37 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
gaza, israel, palestina, bentrokan,
Tujuh warga Palestina termasuk seorang komandan Hamas setempat tewas dalam operasi Israel di Jalur Gaza (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Tujuh warga Palestina termasuk seorang komandan Hamas setempat tewas dalam operasi Israel di Jalur Gaza. Militer Israel juga mengatakan, satu tentaranya telah tewas dan yang lain terluka dalam kegiatan operasional oleh pasukan khusus di Gaza.

Bentrokan terjadi di sebelah timur Khan Younis. Sirene kemudian terdengar di masyarakat di Israel saat roket ditembakkan dari Gaza.

Militer Israel mengatakan, sebanyak 17 roket telah ditembakkan dan tiga ditembak jatuh. Tidak jelas apakah roket itu telah menyebabkan kerusakan berarti.

gaza, israel, palestina, bentrokan,
Seorang juru bicara Hamas menggambarkan insiden itu sebagai serangan pengecut dari Israel. Pejabat Hamas dan petugas medis mengatakan, tujuh orang tewas, empat di antaranya militan (Reuters)

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memutuskan untuk mempersingkat kunjungannya ke Paris untuk memperingati peringatan 100 tahun berakhirnya Perang Dunia Pertama dan kembali pada Minggu, (11/11), malam.

Seorang juru bicara Hamas menggambarkan insiden itu sebagai serangan pengecut dari Israel. Pejabat Hamas dan petugas medis mengatakan, tujuh orang tewas, empat di antaranya militan. Anggota senior Hamas yang tewas bernama Sheikh Nur Barakeh, komandan brigade Izzedine Al Qassam.

Hamas mengatakan, pasukan khusus Israel ditembak dari sebuah mobil sekitar 3 km di dalam Jalur Gaza. Pertempuran api kemudian pecah, saksi melaporkan penembakan tank dan ledakan dari serangan udara Israel di daerah tersebut.

Militer Israel tidak memberikan rincian tetapi pada awalnya mengatakan bahwa semua tentaranya telah kembali.

Ketegangan antara Israel dan Hamas meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Ledakan roket dari Gaza dan serangan udara Israel terhadap sasaran militan telah menjadi kejadian biasa.

Lebih dari 200 orang Palestina di Gaza telah dibunuh oleh pasukan Israel sejak akhir Maret. Kebanyakan pembunuhan terjadi  selama protes mingguan di sepanjang perbatasan Gaza.

Ribuan orang menyatakan dukungan mereka untuk menyatakan hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke rumah leluhur mereka di tempat yang sekarang diduduki oleh Israel. Seorang tentara Israel tewas di perbatasan Gaza-Israel oleh seorang penembak jitu Palestina pada periode yang sama.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up