alexametrics

Ahli AS: Covid-19 Bersarang di Tubuh Penambang Tiongkok 9 Tahun Lalu

12 Oktober 2021, 06:07:31 WIB

JawaPos.com – Para ahli masih mempertanyakan asal usul Covid-19. Sejumlah spekulasi juga menyebutkan virus bocor dari laboratorium Wuhan, Tiongkok. Namun, seorang ahli pertambangan justru menyebut Covid-19 sudah ada sejak hampir 1 dekade lalu.

Direktur eksekutif Proyek Sumber Daya Biosains AS, Jonathan Latham, mengatakan Covid-19 mungkin telah berkembang di tubuh pekerja tambang Tiongkok yang terinfeksi sekitar satu dekade sebelum epidemi dimulai. Dia mengatakan bahwa sampel penyakit penambang misterius itu dikirim ke ahli virus di Wuhan untuk diperiksa dan mereka mungkin telah lolos ke populasi.

Pengembangan versi Alpha di Kent, menurut Latham menunjukkan bahwa virus dapat membuat lompatan evolusioner yang tidak normal. Dan, dengan cepat menghasilkan sejumlah besar mutasi saat berada di dalam tubuh seseorang untuk waktu yang lama.

Universitas Cambridge mengumumkan awal tahun ini bahwa strain Alpha yang sangat menular kemungkinan besar berkembang pada satu pasien yang menderita penyakit selama berbulan-bulan.

Virus Ditemukan di Gua

Ilmuwan Wuhan menemukan virus bernama RaTG13. Penyakit itu tampaknya 96 persen cocok dengan Covid-19, tetapi pasti berbeda 40 tahun sebelumnya. Menurut Forbes, virus ini berasal dari gua yang sama.

Namun, laporan mengatakan perkembangan RaTG13 mungkin terjadi jauh lebih cepat di dalam tubuh penambang. Para peneliti tahu bahwa virus Korona subur di dekat tambang. Mereka juga mengakui bahwa beberapa penambang dirawat di rumah sakit untuk waktu yang lama. Terapi, itu berlangsung selama enam bulan dan memungkinkan virus Korona baru berevolusi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads