alexametrics

Dua Tahun Mengangkasa, Tesla Roadster dan Starman Mulai Dekati Mars

12 Oktober 2020, 19:22:40 WIB

JawaPos.com – Tesla Roadster generasi pertama yang ditembakkan Elon Musk ke orbit dua setengah tahun lalu baru-baru ini mencatatkan rekor terbaru. Mobil dan penumpang buatan bernama Starman yang mewakili ambisi Elon atas pemindahan manusia ke Mars itu mulai melakukan mendekati Planet Merah.

Melalui Twitter resminya, SpaceX mengonfirmasi bahwa Roadster dan Starman kian dekat dengan Mars pada 8 Oktober lalu. Elon Musk sendiri meluncurkan Tesla ke luar angkasa dengan roket Falcon Heavy dari SpaceX pada 6 Februari 2018 lalu.

Namun, dilaporkan bahwa Tesla Roadster tidak persis dalam jarak dekat dari sana.

Saat ini, Starman jauh lebih dekat ke Mars daripada Bumi karena, pada saat penulisan, jaraknya hampir 37 juta mil dari planet asalnya. Sebuah situs web bernama Where is Roadster? yang dioperasikan oleh programmer Ben Pearson melacak posisi langsung Starman dan mengungkapkan bahwa mobil itu berada 129 juta mil dari Matahari dan bergerak ke arahnya dengan kecepatan 13.637 mil per jam (21.947 km per jam).

Masih harus dilihat seperti apa kondisi mobil itu, tetapi jika baterainya masih berfungsi, maka lagu ‘Space Oddity’ semestinya sudah diputar lebih dari 264.000 kali di telinga kiri Starman. Sementara, lagu ‘Is There Life On Mars’ telah diputar 356.888 kali di telinga kanan Starman.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: