JawaPos Radar

Mantan Ibu Negara Pakistan Meninggal Akibat Kanker

12/09/2018, 16:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Mantan Ibu Negara Pakistan Meninggal Akibat Kanker, Kulsoom Nawaz
Mantan Ibu Negara Pakistan Kulsoom Nawaz, istri dari mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif yang dipenjara, telah meninggal di sebuah rumah sakit di London karena kanker (AP)
Share this

JawaPos.com - Mantan Ibu Negara Pakistan Kulsoom Nawaz, istri dari mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif yang dipenjara, telah meninggal di sebuah rumah sakit di London karena kanker. Dilansir Al Jazeera pada Selasa (11/9), Kulsoom Nawaz yang telah menerima pengobatan untuk kanker sejak 2017, meninggal pada Selasa,saat berumur 68 tahun.

Kesehatan Kulsoom Nawaz memburuk dengan cepat setelah diagnosis awal dengan limfoma pada bulan Juni 2017. Dia sempat mencalonkan diri untuk pemilihan sela di markas Partai Pakistan Muslim League-Nawaz (PML-N) di Lahore pada saat itu.

Pada bulan September tahun itu, ia dengan mudah memenangkan pemilihan sela itu, mengalahkan Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) Yasmin Rashid, tanpakampanye. Sebagai gantinya, kampanyenya dipimpin oleh putrinya Maryam Nawaz.

Nawaz Sharif dan Maryam divonis bersalah pada bulan Juli oleh pengadilan antikorupsi karena tidak dapat membuktikan sumber aset yang digunakan untuk membeli satu set apartemen London kelas atas. Mereka saat ini menjalani hukuman penjara 10 dan tujuh tahun, masing-masing, di penjara Adiala Rawalpindi, serta didenda masing-masing sebesar USD10,5 miliar dan USD 2,6 miliar.

Dalam sebuah pernyataan, Perdana Menteri Imran Khan, mengatakan Kulsoom Nawaz adalah perempuan pemberani. Ia telah berjuang keluar-masuk rumah sakit dalam beberapa bulan terakhir hingga ia ditempatkan di sebuah kamar dengan ventilator.

Lahir pada tahun 1950, Kulsoom Nawaz dikenal karena sifatnya yang baik di depan umum, melayani suaminya, yang terpilih sebagai perdana menteri Pakistan tiga kali dengan tampak selalu tenang. Meskipun peran publiknya terutama berkaitan dengan politik domestik Pakistan terbatas, ia dikenal untuk menjalankan suatu tingkat kekuatan tertentu dalam partai PML-N. 

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up