Latihan Militer Rusia dan Tiongkok Libatkan 300 Ribu Tentara

12/09/2018, 18:15 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Rusia dan Tiongkok memulai latihan militer bersamanya pada Selasa, (11/9). Latihan yang disebut Vostok-2018 diikuti oleh 300.000 pasukan (Newsweek)
Share this

JawaPos.com - Rusia dan Tiongkok memulai latihan militer bersamanya pada Selasa, (11/9). Latihan yang disebut Vostok-2018 diikuti oleh 300.000 pasukan. Selain diikuti oleh ratusan ribu tentara, latihan ini juga melibatkan 36.000 kendaraan militer, 80 kapal, serta 1.000 armada udara mulai dari pesawat terbang, helikopter hingga pesawat tak berawak.

Selain itu, sekitar 3.500 tentara militer Tiongkok dilaporkan turut berpartisipasi dalam latihan perang tersebut. Kementerian Pertahanan Rusia merilis gambar sejumlah tank, kendaraan lapis baja dan kapal perang yang sedang bergerak, serta helikopter tempur dan pesawat tempur yang lepas landas.

Dalam satu klip, marinir dari Armada Utara Rusia dan brigade Arktik bermotor turun dari kapal pendaratan besar di pantai tandus di seberang Alaska.

3.500 tentara militer Tiongkok dilaporkan turut berpartisipasi dalam latihan perang tersebut. Kementerian Pertahanan Rusia merilis gambar sejumlah tank, kendaraan lapis baja dan kapal perang yang seda (New CN)

"Kegiatan ini merupakan bagian dari tahap pertama latihan, yang berlangsung hingga 17 September," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan dilansir dari Reuters Rabu, (12/9).

Tujuan utamanya adalah untuk memeriksa kesiapan militer untuk pasukan jarak jauh, untuk menguji seberapa dekat pasukan infanteri dan angkatan laut bekerja sama, dan untuk menyempurnakan prosedur komando dan kendali. Tahap selanjutnya akan melibatkan latihan skenario defensif dan ofensif.

Vostok-2018 berlangsung pada saat ketegangan yang meningkat antara negara Barat dan Rusia. NATO mengatakan, akan memantau latihan ini secara ketat, seperti juga Amerika Serikat yang memiliki kehadiran militer yang kuat di kawasan Asia-Pasifik.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi