JawaPos Radar

Israel Puji AS Tutup Organisasi Pembebasan Palestina

12/09/2018, 13:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
AS Tutup Organisasi Pembebasan Palestina
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji Amerika Serikat (AS) karena menutup misi Organisasi Pembebasan Palestina di Washington pada Selasa, (11/9) (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji Amerika Serikat (AS) karena menutup misi Organisasi Pembebasan Palestina di Washington pada Selasa, (11/9). "AS membuat keputusan yang benar mengenai misi Organisasi Pembebasan Palestina di Washington," kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan yang di Twitter.

Pernyataan Perdana Menteri Israel itu datang satu hari setelah Kementerian Luar Negeri AS mengumumkan akan menutup Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) tersebut. AS menuduh para pemimpin Palestina menolak untuk terlibat dengan AS atau Israel.

"Israel mendukung langkah AS yang dibuat untuk menunjukkan kepada Palestina bahwa penolakan negosiasi dan usaha untuk menyerang Israel di forum internasional tidak akan memajukan usaha perdamaian," lanjut Netanyahu.

AS Tutup Organisasi Pembebasan Palestina
Amerika Serikat (AS) menutup misi Organisasi Pembebasan Palestina di Washington pada Selasa, (11/9) (Najah.Edu)

Salah satu alasan AS menutup PLO karena Palestina menuntut salah satu pejabat Israel di Pengadilan Pidana Internasional di Den Haag. Kemlu AS menyatakan, tindakan tersebut melanggar ketentuan yang ditetapkan untuk delegasi di Washington.

Hubungan antara AS dan pemimpin Palestina, semakin memburuk. Apalagi setelah pemerintahan Trump yang pada mengakui Kota Yerusalem yang disengketakan sebagai Ibu Kota Israel.

Kemlu AS telah menuduh para pemimpin Palestina menolak mentah-mentah rencana perdamaian AS yang masih belum terlihat. Sementara pada gilirannya pemerintahan Trump dipandang oleh Palestina sebagai bias mendukung Israel.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up