alexametrics

UEA Tolak Penerbangan dari Indonesia

12 Juli 2021, 13:48:07 WIB

JawaPos.com – Ledakan kasus Covid-19 di Indonesia berdampak panjang. Beberapa negara menutup perbatasannya untuk penerbangan dari Indonesia. Yang terbaru adalah Uni Emirat Arab (UEA).

Mulai kemarin (11/7), UEA menghentikan semua penerbangan dari Indonesia dan Afghanistan. Penduduk UEA juga dilarang melakukan perjalanan ke dua negara tersebut.

Penumpang yang transit saja di Indonesia dan Afghanistan ikut dilarang masuk. Sebaliknya, yang transit di UEA untuk menuju Indonesia dan Afghanistan diperbolehkan.

Penduduk dari negara lain yang berada di Indonesia dan Afghanistan selama 14 hari sebelum melakukan perjalanan ke UEA juga dilarang masuk.

Ada beberapa penumpang yang dibebaskan dari penangguhan penerbangan itu. Yakni, warga negara UEA dan kerabat dekatnya, pemegang izin tinggal golongan emas dan perak, misi diplomatik UEA, delegasi pejabat dan pebisnis yang memiliki persetujuan izin sebelumnya, serta para pekerja di sektor penting yang terbatas.

Meski boleh masuk, mereka tetap harus ikut aturan. Yakni, dikarantina 10 hari, tes PCR di bandara serta tes lagi pada hari ke-4 dan ke-8 setelah kedatangan, dan mengantongi hasil PCR negatif sebelum terbang. Hasil tes PCR hanya berlaku untuk 48 jam, bukan 72 jam seperti sebelumnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : sha/c18/fal

Saksikan video menarik berikut ini: