JawaPos Radar

Pemerintah Indonesia Tunjuk Pengacara WNI di AS

12/07/2018, 08:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Pemerintah Indonesia Tunjuk Pengacara WNI di AS
Pemerintah Indonesia baru saja menunjuk pengacara bagi warga negara dan perwakilan Indonesia di Amerika Serikat (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Indonesia baru saja menunjuk pengacara bagi warga negara dan perwakilan Indonesia di Amerika Serikat. Dia adalah Harun Calehr, pemerintah menyebutnya sebagai in house lawyer bagi WNI di Amerika Serikat.

Harun nantinya akan bertugas untuk menangani masalah hukum terkait imigrasi. Penunjukkan ini adalah upaya pemerintah untuk melindungi WNI yang terkena masalah di AS.

"Saat ini kita sudah resmi punya lawyer di Amerika Serikat khusus buat keimigrasian buat perwakilan di AS, kita kontrak jadi lawyer di perwakilan kita terkait masalah keimigrasian," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal.

Sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melakukan perubahan pada Undang-undang (UU) imigrasi, Harun ditunjuk untuk menjadi pengacara tetap Pemerintah RI. Harun menjadi penasehat hukum di lima Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di KJRI Houston, KJRI New York, KJRI Chicago, KJRI San Fransisco, dan KJRI Los Angeles, dan satu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington.

Harun bukan orang baru dalam hal perlindungan hukum bagi WNI dan perwakilan RI di AS. Sejak 2002 Harun adalah pengacara yang telah bekerja sama dengan pemerintah.

Selain Harun, Indonesia memiliki 13 pengacara di luar negeri. Semuanya tersebar di berbagai negara, paling banyak di Malaysia dan Arab Saudi.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up