alexametrics

Langgar Aturan Lockdown Covid, PM Inggris Boris Johnson akan Dihukum

12 April 2022, 21:23:27 WIB

JawaPos.com – Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Menteri Keuangan Britania Raya Rishi Sunak akan didenda oleh polisi karena melanggar undang-undang penguncian atau lockdown Covid-19 pada tahun 2020 dan 2021 lalu. Istri PM Inggris Boris Johnson, Carrie Johnson, juga akan diberikan pemberitahuan hukuman tetap.

Pejabat mengonfirmasi, ketiganya telah menerima pemberitahuan hukuman denda dari kepolisian Inggris. Mereka diduga melakukan hadir dalam pesta di Downing Street selama penguncian Covid-19 seperti dilansir dari BBC, Selasa (12/4).

Sementara itu, juru bicara keluarga Johnson dan Sunak mengatakan mereka belum diberi tahu acara mana yang terkait dengan denda tersebut. Namun, ketiganya dilaporkan berada di pertemuan yang sama untuk ulang tahun PM pada Juni 2020.

Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer dan Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon mengatakan Johnson dan Sunak harus mengundurkan diri. Kepolisian The Met sedang menyelidiki dugaan pelanggaran hukum Covid-19 di 12 pertemuan di Whitehall dan Downing Street.

Sejauh ini, lebih dari 50 denda telah diberikan. Laporan pesta yang diadakan di Downing Street selama penguncian Covid pada tahun 2020 dan 2021 pertama kali muncul pada Desember tahun lalu.

Johnson awalnya bersikeras bahwa ia sudah mengikuti prokes dengan ketat. Tetapi karena semakin banyak pertemuan terungkap, dia menghadapi pertanyaan lebih lanjut tentang keterlibatannya. PM kemudian meminta maaf karena menghadiri pesta minuman di taman Downing Street, tetapi mengatakan kepada Parlemen bahwa dia hanya menghadiri acara kerja. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: