alexametrics

Singapura Tangguhkan Penerbangan Seluruh Pesawat Boeing 737 Max 8

12 Maret 2019, 14:51:15 WIB

JawaPos.com – Otoritas Penerbangan Sipil Singapura untuk sementara menangguhkan penerbangan Boeing 737 MAX 8 di negaranya. Pesawat jenis tersebut sementara waktu dilarang masuk atau keluar dari Singapura.

Keputusan itu muncul setelah Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines jatuh pada Minggu (10/3). Semua penumpang yang berjumlah 157 orang di dalamnya meninggal.

Itu adalah kecelakaan fatal kedua yang melibatkan model yang sama, dalam waktu kurang dari lima bulan.

pesawat jatuh, pesawat, kecelakaan pesawat, singapura, ethiopian airlines,
Keputusan itu muncul setelah Boeing 737 Max 8 milik Ethiopian Airlines jatuh pada hari Minggu (10/3). Semua penumpang yang berjumlah 157 orang di dalamnya meninggal (AFP)

Bandara Changi, Singapura, adalah bandara tersibuk keenam di dunia. Namun tidak jelas apakah dengan adanya keputusan itu lantas membatalkan penerbangannya.

Singapura diyakini sebagai negara pertama yang melarang semua varian pesawat MAX. Penangguhan ini mulai berlaku sejak pukul 14:00 waktu setempat, Selasa (12/3).

Dilansir dari BBC, Silk Air yang mengoperasikan enam pesawat Boeing 737 MAX 8 tentunya terpengaruh atas putusan tersebut. Demikian juga China Southern Airlines, Garuda Indonesia, Shandong Airlines, dan Thai Lion Air.

Otoritas penerbangan mengatakan, mereka sedang bekerja dengan Changi Airport Group Singapura dan maskapai penerbangan untuk meminimalisasi dampak pada penumpang.

Sementara itu, Administrasi Penerbangan Federal AS mengatakan, mereka percaya model Boeing 737 MAX 8 layak mengudara meskipun terjadi dua kecelakaan fatal.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Singapura Tangguhkan Penerbangan Seluruh Pesawat Boeing 737 Max 8