alexametrics

Masih 2018, Trump Sudah Keluarkan Jargon Kampanye Pilpres 2020

12 Maret 2018, 19:00:02 WIB

JawaPos.com – Kendati belum masuk tahun pemilihan presiden yang baru, Donald Trump telah bergegas menyiapkan diri menuju pemilihan Presiden Amerika Serikat pada 2020 mendatang.

Dalam pidatonya di Moon Township, Pennsylvania, Sabtu, (10/3), seperti diberitakan The Washington Post pada Minggu, (11/3), Trump mengungkapkan, slogan pemilihannya akan menjadi, “Keep America Great!”

Trump membuat slogan tersebut pada kampanye pertamanya. Bahkan yang membuat lucu, ia memuji dirinya sendiri yang menurutnya telah berhasil mewujudkan slogan tersebut.

Masih 2018, Trump Sudah Keluarkan Jargon Kampanye Pilpres 2020
Rakyat AS akan memilih presiden baru pada 2020 (Reuters)

“Kami tidak bisa mengatakan Make America Great Again karena saya telah mewujudkannya,” ujar Trump di hadapan ribuan pendukungnya.

Sebenarnya, Trump telah mengumumkan dia akan berpartisipasi dalam pilpres 2020 pada bulan lalu. Brad Parscale, salah satu mantan penasehatnya dipilih Trump sebagai manager kampanye.

Diberitakan oleh NBC News, dalam pidatonya tersebut Trump juga menyebut tiga pendahulunya yang paling baru yaitu Barack Obama, Bill Clinton, dan bahkan George W. Bush.

“Dia (Bush) membawa kita ke Timur Tengah. Anda tahu apa yang mereka lakukan? Itu seperti mengambil batu besar dan melemparkannya ke sarang lebah,” ujar Trump menyindir kebijakan-kebijakan Bush mengenai Timur Tengah saat itu.

Pada satu titik, Trump mengatakan, ketika dia mengunjungi Tiongkok dia diberitahu bahwa negara tersebut mengenakan hukuman mati untuk pengedar narkoba.

Trump mengklaim bahwa hukuman di Amerika Serikat terlalu ringan untuk pengedar narkoba. “Orang-orang ini membunuh anak-anak kita dan mereka membunuh keluarga kita, dan kita harus melakukan sesuatu.”

Akankah Trump memilih hukuman mati untuk pengedar narkoba sebagai janji kampanyenya seperti halnya yang dilakukan presiden Filipina Rodrigo Duterte?

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/iml/trz/JPC)

Masih 2018, Trump Sudah Keluarkan Jargon Kampanye Pilpres 2020