alexametrics

Mau Kolonisasi Planet Mars, Perusahaan Ini Malah Bangkrut

12 Februari 2019, 16:58:08 WIB

JawaPos.com – Perusahaan yang bertujuan untuk melakukan kolonisasi Planet Merah, Mars malah berakhir dengan kabar buruk. Perusahaan Mars One Ventures dinyatakan bangkrut pada bulan Januari. Awalnya, gagasan ini muncul dari pengusaha Belanda Bas Lansdorp. Tujuan Lansdorp adalah memulai sebuah perusahaan yang dapat mejelajahi salah satu tetangga terdekat Bumi, yakni Mars.

Mars One dipecah menjadi dua usaha, Mars One Foundation dan Mars One Ventures. Ventures AG yang berbasis di Swiss dinyatakan bangkrut oleh pengadilan Basel pada 15 Januari. Saat itu, bernilai hampir USD 100 juta.

Mars One Ventures PLC yang terdaftar di Inggris, terdaftar sebagai perusahaan tidak aktif dengan kurang dari £ 20.000 di rekeningnya.

mars, planet mars, kolonisasi mars,
Tujuan Lansdorp adalah memulai sebuah perusahaan yang dapat mejelajahi salah satu tetangga terdekat Bumi, yakni Mars (AFP)

Berbicara kepada Engadget, Lansdorp mengatakan, Mars One Foundation masih beroperasi. Namun perusahaan itu tidak dapat melakukan aktivistasnya tanpa investasi lebih lanjut.

Lansdorp menolak memberikan komentar lebih lanjut selain mengatakan, ia bekerja dengan pihak lain untuk menemukan solusi.

Dibandingkan pemerintah atau filantropi, Lansdorp percaya bahwa TV akan menyediakan dana yang diperlukan untuk membiayai peluncuran Mars One. Mars One akan menjadi reality show termahal di dunia saat pemirsa menyaksikan proses kolonisasi di Planet Mars.

Pengumuman terakhir yang dibuat oleh Mars One dilakukan pada Juli 2018, ketika membual tentang kesepakatan investasi dengan Phoenix Enterprises. Phoenix berjanji untuk mendanai perusahaan hingga € 12 juta sepanjang tahun, yang pada saat itu bernilai sekitar USD 14 juta.

Uang ini akan digunakan untuk membayar biaya lisensi Mars One Foundation, daftar ulang Mars One Ventures di bursa efek Frankfurt dan melanjutkan seleksi koloni.

Tujuan Mars One yang ambisius dipertanyakan, mengingat ekonomi media TV yang dibandingkan dengan biaya peluncuran roket jauh berbeda.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Mau Kolonisasi Planet Mars, Perusahaan Ini Malah Bangkrut