alexametrics

Lomba Foto Stenin Berhadiah Rp 146 Juta Dibuka Sampai 28 Februari

12 Februari 2019, 23:04:29 WIB

JawaPos.com – Anda pewarta foto yang berusia 18 sampai 33 tahun? Ada lomba menarik yang diadakan oleh Kantor Berita Roddiya Segodnya Rusia Bersama Komisi Rusia untuk UNESCO. Namanya, lomba foto Andrei Stenin yang ditujukan untuk pewarta foto muda dari seluruh dunia.

Andrei Stenin adalah fotografer Kantor Berita Roddiya Segodnya yang meninggal saat penugasan pada Agustus 2014. Dia dibunuh saat meliput perang Ukraina. Sebagai penghormatan, tanggal lahir Andrei yakni 22 Desember dijadikan momentum dibukanya kontes foto internasional itu.

Dari keterangan resmi yang diterima JawaPos.com, lomba foto jurnalistik internasional itu bertujuan untuk mendukung fotografer muda dan membuka jalan ke dunia fotografi yang lebih hebat. Oleh sebab itu, pewarta foto yang boleh ikut punya batasan umur yakni 18 sampai 33 tahun. Untuk ikut kompetisi itu sangat mudah. Pewarta foto muda tinggal mendaftar lewat portal www.stenincontest.com.

Penerimaan foto akan diterima sampai 28 Februari 2019. Hadiah yang diberikan untuk kompetisi ini cukup menarik. Yakni 100 ribu rubel atau sekitar USD 1.500 (Rp 21 juta dengan kurs Rp 14 ribu per USD) untuk peringkat pertama di masing-masing nomisasi. Sedangkan peringkat kedua 750 ribu rubel atau sekitar USD 1.120 (Rp 15,6 juta) dan 500 rubel atau USD 750 (Rp 10,5 juta).

Untuk hadiah utama yang disebut pemenang Grand Prix, akan mendapatkan uang 700 ribu rubel yang setara USD 10,470 atau sekitar Rp 146 juta. Selain itu, ada kesempatan bagi pewarta foto muda untuk menunjukkan karyanya dalam pameran di Rusia maupun negara lain.

Dari kompetisi sebelumnya, foto-foto terbaik akan dipamerkan di Moskow Rusia, Istanbul Turki, Cape Town Afrika Selatan, Shanghai dan Beijing Tiongkok, Mexico City Meksiko, sampai Buenos Aires Argentina. Namun, bisa jadi kompetisi ini tidak mudah untuk ditaklukkan.

Pada 2018 saja, ada sekitar 6.000 input foto yang disetor oleh pewarta foto muda dari 77 negara. Untuk kompetisi tahun ini, timelinenya sudah ditentukan. Setelah penerimaan foto ditutup pada 28 Februari, pada 13 Juni pengumuman untuk mulai shortlist akan diumumkan.

Lantas, pada 27 Juni 2019 dilanjutkan dengan dibukanya online vote. Direncanakan, pada September 2019 sudah bisa diumumkan daftar pemenangnya. Pada bulan yang sama, akan diumumkan juga pemenangnya termasuk dibukanya eksebisi foto.

Lima Kategori Foto

Untuk kontes Andrei Stenin 2019, ada lima kategori yang dilombakan. Yakni:

1. Top News

Ini tentang momen penting. Bisa terkait politik nasional, kemanusiaan, reportase dari zona perang, maupun bencana alam dengan momen-momen penting terhadap hidup manusia.

2. Sports

Kategori ini menangkap momen-momen pada olah raga. Mulai dari kemenangan, kekalahan yang dramatis, latihan sehari-hari, sampai keindahan atau kemegahan dari kompetisi olah raga. 

3. My Planet

Kategori ini menggambarkan kondisi tempat kita tinggal. Warna-warni dari seluruh dunia. Tantangannya, bisa menunjukkan kehidupan sehari-hari dalam keindahan dan harmoni, menyatukan adegan-adegan dari kehidupan sehari-hari seperti kehidupan kota besar maupun kota kecil. Keindahan alam, maupun hari besar keagamaan dan etnografis.

4. Portrait

Foto yang bisa dikirimkan terkait perorangan atau sekelompok orang. Foto boleh dokumentasi atau pose. Faktor penentu dalam kategori ini adalah kemampuan pewarta foto untuk mengungkapkan dunia batin karakternya. Mengekspresikan kualitas mental dan karakter mereka melalui keunikan penampilan.

5. Inspirasi

Sebarkan energi positif dari foto-foto yang didapat. Karya apa pun yang diilhami atau menjadi manifestasi dari inspirasi boleh dikirimkan. Baik itu landscape, foto bergenre penuh warna, etnis, potret seorang anak atau orang dewasa yang diambil dalam gaya berbeda dengan berbagai teknik fotografi.

Setiap pewarta foto hanya dibolehkan mengirimkan 12 foto. Editing hanya sebatas minor cropping, white balance atau density yang meliputi brightness, contrast. Foto diunggah dalam format JPG, tidak kurang dari ukuran 2.200 pixel dan tidak lebih dari 5.700 piksel untuk ukuran terpanjang.

File foto yang dikirim harus berisikan nomor foto, nama lengkap, judul dan tahun yang dipisahkan dengan tanda underscores. Contohnya: 01_Smith_James_The_Spring_2011. Ukuran foto maksimal 20 MB dan di dalamnya harus ada seluruh data EXIF.

Informasi yang tidak kalah penting, foto yang boleh dikirimkan, diambil dari 1 Januari 2018. Sedangkan untuk kasus tertentu seperti foto seri, file yang bisa dikirimkan boleh dari beberapa tahun sebelumnya. Namun, foto pamungkas dari seri itu harus diambil pada 2018 atau 2019.

Editor : Dhimas Ginanjar

Copy Editor :

Lomba Foto Stenin Berhadiah Rp 146 Juta Dibuka Sampai 28 Februari