alexametrics

AS Terancam Senjata Laser Tiongkok dan Rusia

12 Februari 2019, 17:34:01 WIB

JawaPos.com – Laporan Pentagon baru-baru ini mengungkapkan, senjata laser Tiongkok dan Rusia mengancam satelit Amerika Serikat (AS) di luar angkasa. Kedua negara dilaporkan sedang mengembangkan senjata laser dan  menargetkan satelit AS.

“Tiongkok dan Rusia, khususnya sedang mengembangkan berbagai cara untuk mengeksploitasi ketergantungan AS pada sistem berbasis ruang dan menantang posisi AS di ruang angkasa,” kata laporan Badan Intelijen Pertahanan dilasir dari CNN pada Selasa (12/2).

senjata laser, rusia, tiongkok, as,
Laporan Pentagon baru-baru ini mengungkapkan, senjata laser Tiongkok dan Rusia mengancam satelit Amerika Serikat (AS) di luar angkasa (Reuters)

Laporan Pentagon itu bertajuk Challenges to Security in Space, yang menjelaskan Tiongkok, Rusia, Iran dan Korea Utara (Korut) sedang mengembangkan kemampuannya untuk mengancam poisisi yang selama ini dipegang AS.

Satelit AS memainkan peran penting dalam segala hal mulai dari navigasi, penargetan senjata, dan pengumpulan intelijen. Selain itu, juga termasuk mengawasi program senjata nuklir Korut dan memantau aktivitas militer Rusia dan Tiongkok.

Mereka juga menyimpan sensor dalam mendeteksi peluncuran rudal musuh. Laporan itu muncul ketika Pemerintah Tiongkok semakin meningkatkan program luar angkasanya. Apalagi mereka menjadi negara pertama yang melakukan penyelidikan di sisi jauh bulan pada Januari lalu.

Pertumbuhan kemampuan luar angkasa Tiongkok dan kebutuhan untuk membantu melindungi satelit AS telah dijadikan oleh pemerintahan Trump sebagai alasan mengapa AS membutuhkan pasukan luar angkasa.

Hingga saat ini, Kementerian Luar Negeri Tiongkok belum menanggapi laporan terbaru AS melalui Pentagon ini.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
AS Terancam Senjata Laser Tiongkok dan Rusia