JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ngeri, Seekor Ular Piton Dijangkiti 500 Kutu

12 Januari 2019, 07:05:59 WIB
ular, ular dijangkiti kutu, kutu,
Pawang ular di Australia telah menyelamatkan seekor ular piton karpet yang di tubuhnya ditemukan ratusan kutu parasit (BBC)
Share this

JawaPos.com - Pawang ular di Australia telah menyelamatkan seekor ular piton karpet yang di tubuhnya ditemukan ratusan kutu parasit. Reptil, yang diyakini sakit dan dilapisi parasit, berbaring di kolam renang halaman belakang di Gold Coast di Queensland.

Seorang pawang profesional mengeluarkan ular itu dan membawanya untuk dirawat di klinik satwa liar. "Dokter hewan menghilangkan lebih dari 500 kutu," kata pawang ular Tony Harrison kepada BBC.

Harrison mengatakan dia yakin ular yang diberi nama Nike itu telah mencoba menenggelamkan kutu di kolam. "Jelas, ular itu sangat tidak nyaman," katanya.

"Seluruh wajahnya bengkak dan mekar dan Nike benar-benar kewalahan oleh kutu yang berkembang biak di badannya."

Ular sering terkena sejumlah kecil kutu atau parasit lain di alam liar, kata Associate Prof Bryan Fry dari University of Queensland. Namun kehadiran kutu dalam jumlah besar mengindikasikan bahwa ular itu kemungkinan memiliki penyakit yang mendasarinya, mungkin karena stres panas atau kondisi kekeringan.

"Aku ragu ular itu akan bertahan jika tidak diambil dan mendapatkan perawatan."

Harrison kemudian berbagi bahwa Nike menderita infeksi, meskipun dia sekarang baik-baik saja. "Nike hari ini sedikit lebih lincah," kata Harrison dalam sebuah video yang dibagikan di laman Facebook Gold Coast dan Brisbane Snake Catcher.

"Tapi dia akan menjadi pasien jangka panjang di Currumbin Wildlife Sanctuary sampai dia cukup sehat untuk dilepaskan."

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Verryana Novita Ningrum

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up